PREVENTIF ADANYA PANDEMI SELAIN COVID, UNESA BERIKAN PELATIHAN PEMBUATAN MATERI AJAR BERBASIS WEBSITE BAGI GURU

 


tipsnya.com Adanya Pandemi Covid-19 selain membawa dampak negatif pada berbagai sektor Kesehatan dan ekonomi, namun juga membawa dampak negatif bagi perkembangan peserta didik. Dampak kebijakan pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi memunculkan adanya pergeseran pada proses belajar mengajar yang semula konvensional luring menjadi berbasis digital.

Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Unesa melalui Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang diketuai oleh Albrian Fiky Prakoso dan beranggotakan WaspodoTjipto S, Muhammad Abdul Ghofur, Retno Mustika Dewi dan Riza Yonisa Kurniawan, berupaya untuk dapat berperan dalam peningkatan kualitas Pendidikan melalui peningkatan skill pendidik dalam digitalisasi materi ajar berbasis Website.

PkM dengan judul: “Penyegaran Kemampuan Penyusunan Materi Ajar Berbasis Website bagi Guru MGMP IPS SMP/ MTS di Tarakan dalam Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) diharapkan dapat menambah kemampuan dan memotivasi guru pendidik dalam digitalisasi materi pembelajaran. Kemampuan ini akan sangat bermanfaat bagi guru dalam mengembangkan penyusuna materi ajar sesuai dengan kurikulum yang ada di SMP dan berbasis IT. “Terima kasih kepada tim PKM Unesa karena telah memfasilitasi pelatihan kepada kami. Kegiatan ini bermanfaat karena bisa menjadi referensi kami agar kami bisa menyimpan materi ajar yang semula kami tidak bisa membuat website dan sekarang kami bisa mendapatkan ilmunya. Ujar Siti Nuraini, SE selaku Peserta yang mendapatkan predikat peserta terbaik pada pelatihan. (4/08/2022).

Pelatihan dilakukan secara daring dengan menggunakan media Zoom dengan rangkaian acara pemaparan oleh Tim PkM FEB Unesa terkait overview Menyusun materi ajar yang berkualitas, Pengenalan search engine optimization (SEO), Permasalahan Hak Cipta, Pemilihan Website sebagai bahan publikasi beserta pembuatan akun, Pengelolaan Website serta Pengenalan. Rangkaian materi tersebut dilaksanakan secara teoritis dan praktek yang juga dilakukan selama 5 hari yaitu pada tanggal 27-29 Juli dan 3 dan 4 Agustus 2022. Jumlah peserta yang diundang yaitu 15 peserta/ guru.

Antusiasme dapat ditunjukkan peserta pelatihan dengan keikutsertaan peserta yang cukup banyak, keaktivan bertanya peserta baik selama kegiatan online berlangsung melalui zoom ataupun pendampingan melalui Whatsapp group. Pelatihan yang direncanakan diikuti sekitar 15 orang guru IPS SMP/ MTs. Hasil tugas yang telah dibuat oleh peserta akan dipresentasikan dan ditelaah oleh narasumber guna mendapatka evaluasi dan perbaikan. Pelatihan ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia pada guru IPS SMP/ MTs. (Vic)