Tips Otomotif: Cara Menghitamkan Dek Motor Dirumah

 Tips Otomotif: Cara Menghitamkan Dek Motor Dirumah




Minimnya perawatan serta lamanya pemakaian bisa mempengaruhi dek motor menjadi kusam dan pudar. Proses oksidasi yang terus terjadi juga turut mengakibatkan dek motor mengalami hal tersebut. 


Ada beberapa dari sobat otomotif yang menanyakan apakah kondisi dek motor bisa dihitamkan kembali ? Jawabannya bisa, dengan langkah-langkah tertentu. Dek motor bisa hitam lagi namun tidak seperti kondisi sedia kala.


Lalu seperti apa caranya ? Simak ulasan berikut ini:


Pakai Minyak Kayu Putih


Langkah mudah bisa dilakukan siapa untuk memoles dek motor adalah menggunakan minyak kayu putih. Benda ini mudah didapatkan dan harganya murah namun efektif untuk masalah ini. Caranya tinggal oleskan saja pada bagian dek motor yang ingin dihitamkan. Namun sebelumnya, motor harus dicuci dengan sampai bersih, kemudian tunggu hingga kering.


Minyak putih ternyata memiliki kandungan yang mampu membersihkan debu-debu menempel dan juga memberikan kecerahan ekstra untuk dek motor.


Baby oil


Jangan kaget ini memang benar bahwa baby oil, benda yang familiar untuk memijat bisa digunakan untuk membersihkan dek motor. Kandungan yang terdapat dalam baby ternyata Cocok untuk komponen motor. Cara menggunakannya juga sama dengan memakai minyak kayu putih. Motor dibersihkan dulu sampai kinclong tunggu hingga kering, baru dek motor dioles dengan baby oil. Lakukan cara berulang sampai mendapatkan hasil maksimal. Biar minyak meresap dan memulihkan kondisi dek motor.


Baca juga: Rekomendasi 4 Perguruan Tinggi Dengan Ujian Mandiri Tanpa Uang Pangkal


Memakai Semir Sepatu


Semir memang familiar digunakan untuk perawatan Sepatu, namun benda ini juga memiliki kegunaan lain untuk menghitamkan dek motor. Carilah jenis sepatu cair berbusa yang akan memudahkan langkah pembersihannya. 


Cara menggunakan semir sepatu untuk dek motor tentunya bisa dilakukan sendiri di rumah. Sebelumnya pastikan semua bagian motor sudah dicuci, baru kemudian semir dioleskan secara perlahan pada dek motor. Jangan lupa untuk menggunakan semir warna hitam, agar dek motor bisa berwarna hitam.


Pakai Kompon


Cara praktis menghitamkan dek motor tanpa harus ke bengkel adalah menggunakan kompon. Kompon adalah suatu bahan yang bersifat abresif  yang memiliki kegunaan untuk menyamarkan baret. Benda ini juga bagus untuk memperjelas warna dek hitam. Anda bisa mencari kompon di toko aksesoris otomotif.


Kompon khusus motor biasanya berbentuk gel dan bisa didapatkan harga 50.000 rupiah saja. Cara pakainya oleskan kompon pada kain bersih. Kemudian gosokkan pada deg motor dengan cara memutar. Perlahan, warna hitam pada deg motor akan kembali.


Menggunakan produk penghitam body motor


Cara cepat untuk memulihkan kondisi dek motor menggunakan cairan penghitam body motor. Untuk produknya bebas dari merk apa saja karena secara komposisi hampir sama. Anda juga memilih produk yang jenis semprotan, karena lebih mudah digunakan. Bersihkan hasil semprotan dengan kain bertekstur halus, agar deg motor tidak mengalami kebaretan.


Tidak ada komentar untuk "Tips Otomotif: Cara Menghitamkan Dek Motor Dirumah"