Tips Agar Mesin Mobil Tidak Cepat Panas

Tips Agar Mesin Mobil Tidak Cepat Panas

Tips Agar Mesin Mobil Tidak Cepat Panas - Problematika yang sering dirasakan pengguna mobil saat menempuh perjalanan jauh adalah bagian mesinnya yang cepat panas. Hal ini merupakan masalah yang bisa membuat komponen mobil konsleting dan berakibat pada mogok.

Untuk menghindari hal-hal seperti ini, berikut ini kami sajikan Tips Agar Mesin Mobil Tidak Cepat Panas.

 

Teliti Bagian Radiator

Sebelum melakukan perjalanan jauh, alangkah baiknya mobil dicek dulu bagian radiatornya. Mobil dalam keadaan sehat jumlah Air radiatornya tidak akan berkurang secara signifikan.

Namun pengecekan radiator ini perlu untuk dilakukan. Caranya dengan membuka tank radiatornya. Dan cek level jumlah airnya. Jika jumlahnya sedikit bisa ditambahkan. Pastikan juga tidak ada lubang pada radiator agar tidak bocor.

Radiator sangat penting fungsinya agar suhu mobil tetap dingin. Makanya harus rutin di cek.

 

Cek Indikator Suhu

Langkah kedua agar mobil tidak overheat adalah melihat indikator suhu mobil. Posisi perangkat ini biasanya berada di dekat panel meter dan indikator bahan bakar.

Dengan indikator suhu, kita bisa melihat kondisi mesin. Jika jarum berada di posisi tengah bahkan di atas, itu tandanya mesin dalam keadaan panas. Bila sudah seperti itu segera menepi agar mesin mobil bisa beristirahat.

Baru setelah mesin benar-benar dingin, mobil bisa dioperasikan kembali.

 

Gunakan Oli Sesuai Spesifikasi Mobil

Faktor oli juga bisa jadi pemicu mobil cepat overheat. Karena sejatinya setiap mobil memiliki spesifikasi yang berbeda dan tentunya tidak boleh menggunakan oli sembarangan. Jika tidak tahu jenis oli yang cocok, silakan baca lagi buku panduan, di sana akan dijelaskan secara lengkap soal oli.

Menggunakan oli yang tidak sesuai bisa-bisa menyebabkan gangguan antar komponen mobil. Hal ini membuat mesin akan lebih cepat panas dan konsleting.

 

Demikianlah tips agar mesin mobil tidak cepat panas yang bisa kami sampaikan. Semoga tips sederhana ini ada manfaatnya untuk Anda semua. Ikuti banyak informasi menarik lainnya di tipsnya.com.

 

 


 

Tidak ada komentar untuk "Tips Agar Mesin Mobil Tidak Cepat Panas"