Otomotif 101: Tips Jitu Menjual Motor Kondisi Bekas

 Otomotif 101: Tips Jitu Menjual Motor Kondisi Bekas




Bagaimana sih caranya Menjual motor bekas ? Inilah pertanyaan yang sering ada dalam benak seseorang yang ingin menjualnya. Salah alasan kenapa menjual motor bekas dilakukan adalah karena faktor kebutuhan. Namun demikian, untuk melakukannya memang perlu kesabaran.


Mengingat motor dalam kondisi bekas tentunya mengalami penurunan kualitas bila dibandingkan motor baru. Penjual tentunya tidak berekspektasi terlalu tinggi dalam mendapatkan hasil penjualan motor bekas.


Namun jangan khawatir karena kami akan memberikan kiat cara pembelian motor bekas:


Cek kondisi motor


Langkah pertama sebelum menjual motor bekas adalah memastikan kondisinya layak pakai. Periksa beberapa bagian vital Motor seperti head silinder, blok silinder, knalpot, kopling, rantai dan bagian mesin. Jangan menjual motor dalam kondisi rusak, karena dapat menurunkan harga motor bekas.


 Baca juga: 5 Tips Meningkatkan Daya Tahan Baterai Smartphone


Solusi jika motor bekas masih rusak adalah dengan melakukan servis Terlebih dahulu. Pergi ke bengkel pengalaman, agar motor bisa cepat ditangani. 


Jual motor bekas dibawah harga pasaran


Anda juga harus mengetahui harga rata-rata dari motor akan dijual. Anda bisa cari tahu merk motor, tipe, tahun dan keluaran dan sejenisnya. Semakin detail semakin bagus. Cara simpelnya, anda bisa mengecek marketplace khusus penjualan otomotif agar bisa membandingkan harga.


Setelah punya informasi cukup mengenai harga motor bekas, barulah boleh memasang tarif, baiknya dibawah harga pasaran dengan selisih 50.000 - 100.000. dengan strategi seperti ini saja, membuat motor bekas terlihat lebih mudah.



Lengkapi Dokumen Kepemilikan motor


Tips ini juga tak kalah penting, yaitu melengkapi surat kepemilikan motor. Dengan hal ini bisa menjadi jaminan bahwa yang anda jual berasal dari jalur resmi, juga membuktikan motor tersebut memang milik anda.  Oleh karena itu siapkan dokumen wajib seperti BPKB dan STNK. Tunjukkan dengan jelas kepada calon pembeli, agar terjadi transaksi yang transparan.


Perlu diketahui menjual motor tanpa dokumen kepemilikan termasuk perbuatan kriminal dan bisa diproses hukum. Selain itu pembeli juga akan rugi karena nanti akan sulit untuk mengurus administrasi pajak.



Tips Memilih Tempat Menjual Motor Bekas


Pilihlah tempat yang tepat dalam menjual motor bekas, karena akan membantu anda dalam mencari calon pembeli. Jangan menjual motor di grup khusus game, dan jangan pula melakukan spam karena hal tersebut akan merugikan diri sendiri. Untuk menjual via offline, anda bisa datang ke toko/showroom motor bekas. Keunggulannya barang akan cepat dibeli, namun konsekuensinya adalah anda menerima uang lebih sedikit dibanding bila menjual Langsung.


Cara kedua adalah memasang iklan baris di koran, hal ini masih lazim dilakukan sekarang untuk menjaring konsumen dekat. 


Cara yang lebih modern bisa menjual motor bekas via media sosial. Contohnya di OLX, Facebook dan Instagram. Cara ini dianggap lebih cepat mendapat respon pembeli.




Tidak ada komentar untuk " Otomotif 101: Tips Jitu Menjual Motor Kondisi Bekas"