5 Tips Meningkatkan Daya Tahan Baterai Smartphone

 5 Tips Meningkatkan Daya Tahan Baterai Smartphone




Memang sih baterai smartphone era sekarang semakin Jumbo saja, bahkan pertahun 2022 ini sudah ditemukan pabrikan yang menjual handphone berkapasitas baterai 6000 - 7000 mAh. Bukan tanpa sebab seiring berjalannya waktu kebutuhan seseorang akan handphone semakin tinggi berbanding lurus juga dengan kebutuhan aplikasi yang juga semakin kompleks.


Hadirnya baterai smartphone jumbo diharapkan bisa menjawab kebutuhan tersebut. Namun yang namanya teknologi manusia pasti ada batasnya. Baterai tetap harus dirawat agar perfomanya terjaga.


Berikut ini adalah tips meningkatkan daya tahan baterai smartphone:


Atur pemakaian internet


Orang-orang paling banyak menggunakan smartphone untuk tersambung dengan jaringan internet. Entah untuk browsing, streaming, hingga bertransaksi online. Pemakaian internet juga menjadi penyumbang terbesar kapasitas baterai berkurang. Terlebih bila internet diakses dengan jaringan provider, ternyata penggunaannya lebih boros bila dibandingkan memakai WiFi.


Untuk menjaga daya baterai, pemakaian handphone harus digunakan secara bijak. Prioritaskan untuk mengambil jaringan WiFi bila ingin mengakses internet. Charger smartphone sesuai dengan waktu yang disarankan pabrikan.


Aktifkan " Mode Pesawat" bila handphone tidak digunakan


Mode pesawat jadi solusi selanjutnya agar baterai hp bisa awet. Ketika menggunakan mode, handphone tidak akan tersambung dengan jaringan operator sampai ia dinonaktifkan kembali. Mode pesawat juga akan mematikan pelacakan GPS, bluetooth, Dan WiFi. Konsekuensinya adalah baterai akan lebih ringan dalam konsumsi daya. Smartphone akan lebih di awet dari sebelumnya.


Kenapa mengaktifkan banyak layanan jaringan smartphone bisa berakibat boros baterai ? Karena, perangkat tersebut akan lebih bekerja dalam menangkap sinyal, Sehingga suhu hp bisa panas.


Stop aplikasi saat tidak dipakai


Ada beberapa hal yang tidak disadari user smartphone sehingga konsumsi baterai cepat habis. Salah satunya adalah membiarkan banyak aplikasi bekerja di latar belakang. Contohnya notifikasi browser, media sosial, Dan VPN.  Aplikasi yang bekerja di latar belakang, tetap aja mengurangi kapasitas baterai, walaupun dalam keadaan dibuka.


Waspadai juga penumpukan aplikasi yang bisa menyebabkan smartphone menjadi lag. Temperatur smartphone juga akan lebih cepat panas, karena harus bekerja ekstra keras. Pakailah handphone seusai dengan kapasitasnya.


Atur tingkat kecerahan


Jangan lupa untuk mengatur kecerahan handphone, agar konsumsi baterai tidak terlampau banyak. Handphone yang terlalu cerah lama-kelamaan akan memakai kapasitas baterai. Bila menggunakan smartphone dalam kondisi indoor, setting kecerahannya 10 - 15 %,. Atau solusi yang lebih simpel silahkan aktifkan fitur adaptif brightness. Dengan melakukan langkah ini, baterai akan bertahan lebih lama.


Pakai fitur mode hemat baterai


Solusi jitu, agar baterai awet adalah mengaktifkan mode hemat yang sudah tersedia di banyak device. Fitur ini akan otomatis membuat kinerja handphone jauh lebih hemat, karena akan menonaktifkan aplikasi yang bekerja dibelakang layar, menyesuaikan tingkah kecerahan dan optimalisasi lainnya.





Tidak ada komentar untuk "5 Tips Meningkatkan Daya Tahan Baterai Smartphone"