Tune Up Mobil, 2 Metode Paling Top






    Tune Up Mobil -  Ketika kita servis mobil seringkali kita disarankan untuk melakukan Tun Up Mobil. Sebenarnya apa sih Tune Up Mobil Itu sendiri? Umumnya tune Up mobil dilakukan pada mobil yang berbahan bakar minyak. Walaupun sekarang telah banyak muncul mobil Hybrid maupun mobil Listrik. Tentu saja perawatan mobil bensin dan listrik berbeda. Bisnis Tune Up Mobil ini menjadi sangat popoler belakangan ini.  

    Sumber energi yang dibutuhkan oleh benda bergerak maupun manusia pada prinsipnya sama. Pada bahasan kita kali ini berfokus pada mobil dengan sumber energi atau berbahan bakar fosil (BBM). Intinya Tune Up adalah membersihkan ruang bakar yang ada di mobil kita. Mengapa kita harus melakukan Tune Up? Karena hasil pembakaran bensin atau solar pasti meninggalkan residu tau sisa pembakaran. Residu timbul karena bahan bakar kita berasal dari mobil ditambah lagi kualitas bahan bakar yang rendah akan lebih banyak menghasilkan residu. Tune Up Mobil pada dasarnya ada dua jenis perlakuan.

  1. Tune Up Metode Italian
     Metode ini dulu sering digunakan sebelum ditemukan cairan kimia atau chemical untuk membersihkan ruang bakar. Cara yang digunakan untuk metode ini yaitu dengan menekan gas dalam sampai 4000 hingga 5000 RPM. Dengan tekanan yang tinggi maka secara sederhana residu akan keluar ke knalpot atau exhause. Akan tetapi metode ini sudah mulai ditinggalkan. Hal ini dikarenakan salah satu sebab yaitu knalpot mengandung catalytic converter yang berguna menyaring udara sisa pembakaran dengan tujuan mengurasi emisi. Jika tersaring maka kotoran yang terbuang memang masih bisa keluar akan tetapi volumenya kecil.
        Metode ini tetap bisa kita gunakan sesekali. Caranya yaitu misalkan pada mobil matic kita tekan overdrive atau mode sport lalu kita jalan di jalan tol hingga menyentuh 4000-5000 RPM. Akan tetapi kita hanya boleh melalukan dengan jarak 2-3 KM saja untuk menghindari mesin jebol. Tentu saja pastikan saldo e-toll cukup ya guys biar gak panik. Jika kita pemilik mobil manual juga sama saja caranya, bedanya overdrive kita ganti menjadi perseling atau gigi 3.

    2. Metode Tune UP Modern (Gurah)

        Metode yang kedua yaitu Tune UP Modern dengan bantuan chemical atau cairan kimia tertentu untuk membersihkan ruang bakar. Cairan yang umum digunakan adalah carbon cleaner. Part yang dibersihkan dengan metode ini mulai dari hilir ke hulu. Misalkan dari tangka bahan bakar, ruang bakar seperti valve, ijektor, piston, egr (jika ada), throttle, hingga cataltytic converter. 
        Metode ini lebih banyak dipilih, selain tanpa membongkar mesin juga menghemat waktu. Saran mimin jika melakukan Tune Up dengan metode ini sebaiknya memilih Tune UP secara menyeluruh karena tidak semua bengkel melakukannya biasanya hanya pada ruang bakar utama.
    Walapun harga Tune Up menyeluruh lebih mahal tapi hasilnya bisa maksimal nggak setengah-setengah. Tentunya tenaga dan performa mobil terasa seperti baru. Tips berikutnya gunakan bahan bakar yang lebih bersih tentunya ada harga ada barang. Jika kita menilik ke produk pertamina maka minimal adalah pertamax dan dex. Tips terkahir lakukan Tune UP setiap 10.000 KM sekali.

Tidak ada komentar untuk "Tune Up Mobil, 2 Metode Paling Top"