Cara Merawat Batik Tulis Sutra Agar Awet

 

Cara Merawat Batik Tulis Sutra Agar Awet

Ada banyak orang yang bertanya tentang bagaimana caranya agar kain batik sutra menjadi awet, tidak mudah lusuh atau lecek, warnanya tetap cerah dan tidak pudar, serta tetap memancarkan kecerahan ketika dipakai.

Cara merawat batik tulis sutra agar awet adalah sesuatu yang penting. Di samping memang harganya yang relatif mahal, kain batik sutra bila tetap dalam kondisi baik maka akan menampakkan keindahan bagi pemakai dan pakaian itu sendiri ketika dikenakan.

Kain batik tulis dengan berbagai macam bahan dasarnya sangat penting dirawat dan dijaga sebagai upaya untuk menjaga keindahan motif batik, warna dan bahannya.

Cara Merawat Batik Tulis Sutra

Jika Anda googling di Google maka akan menjumpai banyak tips dan cara merawat  kain batik tulis sutra dan juga kain batik lainnya. Ada beberapa tips dan cara yang diberikan untuk merawat serta menjaga koleksi-koleksi kain batik tulis Anda. Diperlukan cara yang berbeda untuk memperlakukan semua kain batik tulis. Cara perawatan dan penanganan kain batik tulis sangat bergantung kepada jenis bahan yang dipakai.

Jika Anda memiliki kain batik tulis yang berbahan dasar sutra maka membutuhkan perawatan ekstra hati-hati jika dibandingkan dengan kain jenis wol atau katun. Sutra sangat mudah rusak karena mempunyai tekstur bahan yang halus. Bila Anda memperlakukannya dengan kasar atau menggunakan bahan kimia secara berlebihan saat pencucian maka akan cepat sekali rusak.

Perlakuan khusus dan penuh kehati-hatian pada kain batik tulis berbahan sutera ini sudah dimulai sejak proses pembatikan. Hal ini perlu dilakukan sejak awal karena sifatnya yang memang lebih sensitif jika dibandingkan dengan kain batik tulis lainnya. Jadi cara merawat batik tulis sutra sudah dimulai sejak kain berbahan sutera tersebut dibatik.

Hati-hati : Kunci dari Cara Merawat Batik Tulis Sutra

Sangat disarankan Anda untuk memperhatikan proses pencucian, penyeterikaan dan juga penyimpanan kain batik tulis berbahan sutra agar warna dan keindahan batiknya dapat terlindungi dan terjaga keawetannya. Juga sangat dianjurkan Anda untuk tidak terlalu banyak dan berlebihan dalam menggunakan deterjen pada saat mencuci kain batik supaya warna batik tidak menjadi pudar.

Salah cara merawat batik tulis sutra yang dapat Anda tempuh adalah penggunaan cairan lerak untuk mencuci batik. Cairan lerak ini juga bisa membantu Anda untuk tetap menjaga penampilan batik. Pakaian batik sutra Anda ketika dicuci tidak perlu diperas dan cukup diangin-anginkan saja. Proses ini dilakukan guna mempertahankannya dari kerusakan. Hindari menjemur kain batik tulis sutera Anda langsung di bawah sinar matahari agar tidak cepat kusam dan pudar.

Cara Menyeterika Batik Tulis Sutra

Cara merawat batik tulis sutra yang dapat Anda lakukan selanjutnya adalah pada waktu menyeterika. Jika Anda hendak menyeterika kain batik tulis sutera, jangan lupa untuk menghindari terjadinya kontak langsung antara kain sutera dan alat penyeterika. Misalnya adalah Anda memberikan filter dengan kertas antara seterika dan kain sutera.

Tips yang diberikan kepada Anda dalam Cara Merawat Batik Tulis Sutra adalah benar-benar harus memperhatikan jangan sampai terjadi kontak langsung antara seterika yang panas dengan kain batik sutera. Jika sudah menyeterika dan berkeinginan untuk menyimpan maka letakkanlah kain batik tulis sutera Anda dalam lemari yang sudah ditaruh di dalamya bahan anti ngengat, semisal kayu cendana.

Bila terpaksa memakai kamper maka hendaknya tidak langsung menempel pada kain batik tulis supaya tidak terjadi kerusakan. Anda bisa juga memperlakukannya dengan membungkus kain batik tulis sutra Anda menggunakan plastik pada saat digantung dalam lemari untuk menjaga supaya tetap rapi.

Demikian posting tentang Cara Merawat Batik Tulis Sutra dan jika menurut Anda bermanfaat maka jangan lupa untuk memberikan komentar. (tipsnya.com)

Tidak ada komentar untuk "Cara Merawat Batik Tulis Sutra Agar Awet"