Pelatihan Tips Keamanan Siber Berbelanja dan Bertransaksi Online Oleh Dosen Unesa

 


Tim Dosen Unesa Memberikan Pelatihan Bisnis Digital: “Keamanan Siber Berbelanja dan Bertransaksi Online” pada Hari Senin, Tanggal 29 Agustus 2022, bertempat di Pendopo Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).  Tujuan Pelaksanaan kegiatan PKM ini adalah memberikan pengetahuan tentang Keamanan Siber Berbelanja dan Bertransaksi Online.

Tim Dosen Pelaksana, terdiri dari: 1) Dr. Lucky Rachmawati, S.E., M.Si, 2. Hendry Cahyono, S.E., M.E., dan 3)  Nurul Hanifa, S.E., M.Si, dibantu oleh 2 mahasiswa yakni  Muhammad Hafis Al Ahzad dan Saiful Hidayat. Peserta dari kegiatan ini adalah Perwakilan Sahabat Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se-Kabupaten Lumajang. Banyak masyarakat yang masih belum memahami bagaimana Berbelanja dan Bertransaksi Online secara aman, demikian juga pada masyarakat Kabupaten Lumajang. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, beberapa entitas paling banyak yang ditangani pada tahun 2017-2021, antara lain: Investasi Ilegal, Fintech P2PL Ilegal, dan Gadai Ilegal. Sehingga perlu diberikan pelatihan terkait permasalahan tersebut kepada Sahabat PKK, sehingga nantinya Sahabat PKK dapat memberikan edukasi, sosialisasi dan pendampingan kepada masyarakat lain di Kabupaten Lumajang.

Kegiatan PKM diawali dengan sambutan-sambutan dari Hj. Musfarina Nuryatin, S.Ag. M.Pd. selaku Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Lumajang dan Dr. Sri Abidah Suryaningsih S.Ag., M.Pd. selaku Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi. Pembukaan berjalan tertib dan lancar, diakhiri dengan penyerahan vandel cinderamata dari Ketua Jurusan Ilmu Ekonomi kepada Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang.

Setelah sesi kegiatan pembuka usai, kegiatan PKM berlanjut untuk transfer ilmu terkait Keamanan Siber Berbelanja dan Bertransaksi Online. Pada sesi ini diawali dengan pengisian Pre Test melalui media Google Form, yang berisi tentang pertanyaan terkait materi yang akan disampaikan. Pre Test dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta sebelumnya sebelum materi disampaikan. Selanjutnya pemaparan materi dilaksanakan oleh Dr. Lucky Rachmawati, S.E., M.Si. terkait Keamanan Siber Berbelanja dan Bertransaksi Online.

Para peserta terlihat sangat antusias dalam menyimak penyampaian materi, hal ini ditunjukkan dengan hidupnya sesi tanya jawab terkait materi yang telah disampaikan. Setelah penyampaian materi usai, peserta diminta kembali untuk mengisi Post Test melalui media Google Form, yang berisi tentang pertanyaan terkait materi yang akan disampaikan. Hasilnya secara umum cukup memuaskan. (tipsnya.com)

Tidak ada komentar untuk "Pelatihan Tips Keamanan Siber Berbelanja dan Bertransaksi Online Oleh Dosen Unesa"