BANGKIT PASCA PANDEMI, UNESA BERIKAN PELATIHAN DIGITALISASI EVALUASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

BANGKIT PASCA PANDEMI. UNESA BERIKAN PELATIHAN DIGITALISASI EVALUASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

tipsnya.com Pasca Pandemi Covid-19 selain membawa dampak negatif pada berbagai sektor, namun juga membawa dampak positif bagi perkembangan strategi bertahan berbagai sektor tak terkecuali sektor pendidikan. Dampak kebijakan pembelajaran jarak jauh dimasa pandemi memunculkan adanya pergeseran pada cara kegiatan belajar mengajar yaitu menggunakan platform pembelajaran berbasis digital.

Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) Unesa melalui Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) yang diketuai oleh Eka Hendi Andriansyah dan beranggotakan M. Arief Rafsanjani, Ni’matus S, Heni Purwa P, Putri Kamalia, berupaya untuk dapat berperan dalam peningkatan kualitas Pendidikan melalui peningkatan skill pendidik dalam digitalisasi Evaluasi Pembelajaran.

PkM dengan judul: “Pelatihan Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Berbasis Aplikasi Digital Bagi Guru SMA Surabaya” diharapkan dapat menambah kemampuan dan memotivasi pendidik dalam digitalisasi evaluasi pembelajaran. Kemampuan ini akan sangat bermanfaat bagi guru dalam kegiatan evaluasi baik dalam bentuk kuis harian, ujian tengah semester maupun akhir semester agar tidak terkesan menegangkan selama ujian. “Pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam digitalisasi sekolah yang memang dituntut dalam upaya sekolah menuju Sekolah Penggerak” Ujar Dewi Purwanti, S.Pd., M.Pd selaku Kepala SMA Lab. School Surabaya (13/08/2022).

Pelatihan dilakukan secara daring dengan menggunakan media Zoom dengan rangkaian acara pemaparan oleh Tim PkM FEB Unesa terkait overview evaluasi pembelajaran, penerapan evaluasi pembelajaran Kahoot, Penerapan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Quzizz, Penerapan Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Mentimeter. Rangkaian materi tersebut dilaksanakan secara teoritis dan praktek yang juga dilakukan secara bersama oleh peserta dimulai tanggal 13 Agustus 2022. Kegiatan selanjutnya pada tanggal 14 – 22 Agustus 2022 peserta diminta untuk mempraktekkan menyusun evaluasi pembelajaran yang benar dan diaplikasikan pada salah satu platform yang sudah dijelaskan dalam pelatihan dengan pendampingan oleh Tim PkM Unesa.

Antusiasme dapat ditunjukkan peserta pelatihan dengan keikutsertaan peserta yang cukup banyak, keaktivan bertanya peserta baik selama kegiatan online berlangsung melalui zoom ataupun pendampingan melalui Whatsapp group. Pelatihan yang direncanakan diikuti sekitar 20 orang guru SMA berkembang menjadi 40 orang. Hasil tugas yang telah dibuat oleh peserta akan di aplikasikan dalam kelas dan akan dipantau kemudian oleh tim PkM sebagai evaluasi dampak dari digitalisasi evaluasi pembelajaran pada kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Pelatihan ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia pada SMA. Mengingat tuntutan program sekolah penggerak yang mengarahkan pada peningkatan sumber daya manusia menuju digitalisasi sekolah. (Vic)

 

Tidak ada komentar untuk "BANGKIT PASCA PANDEMI, UNESA BERIKAN PELATIHAN DIGITALISASI EVALUASI PEMBELAJARAN DI SEKOLAH"