Rekomendasi 4 Perguruan Tinggi Dengan Ujian Mandiri Tanpa Uang Pangkal

 Rekomendasi 4 Perguruan Tinggi Dengan Ujian Mandiri Tanpa Uang Pangkal


Salah satu alasan kenapa calon mahasiswa sangat memprioritaskan jalur SNMPTN dan SBMPTN karena dari sisi biaya akan lebih terjangkau. Sebenarnya ada alternatif lain untuk masuk Perguruan Tinggi Negeri dengan Mengikuti Ujian Mandiri. Namun kebanyakan memakan biaya uang pangkal yang mahal bahkan mencapai ratusan juta rupiah.


Uang pangkal punya nama berbeda-beda setiap kampus. Ada yang namanya Sumbangan pengembangan Institusi, Iuran Pengembangan Institusi dan semacamnya. Dan Uang ini harus dibayarkan sekali saat pendaftaran.


Namun jangan khawatir, ternyata ada lho beberapa rekomendasi perguruan tinggi yang tidak memungut biaya uang pangkal, berikut ini daftarnya:


Universitas Indonesia


Nama untuk program jalur mandiri Universitas Indonesia adalah SIMAK UI, yang terdiri dari pungutan biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan dan BOP- Jurusan Sosial Humaniora dan Sains dan Teknologi.


Untuk Jalur SIMAK UI jurusan BOP-  Saintek hanya dikenakan uang semester Antara 0 - 7,5 Juta. Sementara jalur BOP- pilihan Saintek dikenai biaya UKT 10 - 20 Juta. 


Untuk mahasiswa yang diterima yang diterima pada rumpun soshum memiliki 5 kategori kelas dengan UKT 0 - 5 Juta Rupiah. Dan untuk UKT BOP- Pilihan rumpun soshum UKT-nya 7,5 - 17 Juta rupiah persemester.



Universitas Gajah Mada


Sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia, UGM juga menyediakan pendaftaran jalur mandiri dengan klasifikasi 8 kelas UKT. Biaya dipertimbangkan dari penghasilan orang tua. 


Berikut daftar biaya UKT UGM 2022:


  • Kelompok UKT Kelas 1 : 500.000

  • Kelompok UKT kelas 2 : 1.000.000

  • Kelompok UKT Kelas 3 : 2,4 Juta - 7,35  Rupiah

  • Kelompok UKT Kelas 4 : 3,15 Juta - 10, 875 Rupiah.

  • Sampai UKT Termahal Kelas 8 : 8 Juta - 26 Juta Rupiah.


Lebih ini dilakukan UGM untuk membuka kesempatan seluas-luasnya bagi putra-putri bangsa untuk mendapatkan pendidikan tinggi, dengan tarif terjangkau.


Universitas Sriwijaya


Bagi anda yang berdomisili di Sumatra Selatan, bisa memilih kuliah di Universitas Sriwijaya, istimewa mereka juga membebaskan biaya uang pangkal untuk jalur masuk ujian mandiri, terkecuali jurusan dokter.


Rata-rata biaya UKT Universitas Sriwijaya berkisar antara 2,45 Juta perbulannya. Namun untuk jurusan Dokter dikenakan biaya yang lebih mahal. Untuk uang pangkal 200. juta, UKT Preklinik 30.Juta dan UKT klinik 45 Juta Rupiah.


Universitas Islam negeri


Ternyata Universitas Islam se-Indonesia melalui keputusan kementerian Agama sejak tahun 2019, Dilarang untuk membebankan biaya Uang Pangkal sepeserpun kepada mahasiswa dalam semua jurusan. Untuk Jurusan S1 dan D3 ketentuan berlaku sama. Jadi kesempatan untuk kuliah bagi semua kalangan sangatlah terbuka.





Tidak ada komentar untuk "Rekomendasi 4 Perguruan Tinggi Dengan Ujian Mandiri Tanpa Uang Pangkal"