Parenting 101: Tips Tepat Menentukan Uang Jajan Untuk Anak

 Parenting 101: Tips Tepat Menentukan Uang Jajan Untuk Anak




Bagaimana sih caranya menentukan uang jajan yang tepat buat anak ? Dalam ilmu parenting pemberian uang jajan ini bisa melatih anak dalam hal self control, pengetahuan tentang uang dan menentukan skala prioritas. 


Jika anda memiliki anak usia sekolah TK, SD, SMP dan SMA pemberian uang jajan adalah sesuatu yang lazim diberikan untuk memenuhi kebutuhan anak seperti biaya transportasi, makan hingga membeli peralatan sekolah.


Kira-kira berapa nominal yang tepat untuk memberikan uang jajan ? Jangan khawatir karena kami akan membahasnya:


Kenalkan Anak soal konsep uang


Jangan salah dengan uang jajan ayah bunda bisa menjadi sarana anak untuk mengenal soal konsep uang. Menurut Nadia Harsya selaku psikolog anak, orang tua harus mengenalkan tentang hal-hal fundamental tentang uang. Bagaimana uang bisa didapatkan, bagaimana uang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, menabung, dan menjadikan uang sebagai sarana berbagai kepada yang membutuhkan.


Anak-anak harus paham tentang poin-poin di atas, bahwa uang tidak semena-mena langsung datang, jika mendapatkan uang seseorang harus bekerja. Dengan demikian anak akan lebih menghargai keberadaan uang.


Nominal Uang Jajan yang sesuai umur anak


Usia Anak bisa dijadikan untuk indikator untuk menentukan seberapa banyak uang jajan. Sebab tidak semua anak bisa diberikan amanah tersebut terlebih bila anak cukup umur. 


Menurut Nadia Harsya, usia paling tepat untuk memberikan anak uang jajan adalah saat usianya menginjak 8 - 9 tahun, karena di usia tersebut perkembangan intelegensi dan emosi anak sudah stabil. Mereka mengerti fungsi uang, mereka lebih bisa untuk diberikan intruksi, dan anak sudah punya kemampuan menghitung Nominal uang.


Sesuaikan kebutuhan anak


Pemberian uang jajan yang tepat adalah disesuaikan dengan kebutuhan si anak. Kebutuhan antara anak SD, SMP, dan SMA tentu berbeda. Kecenderungannya semakin tinggi umur dan jenjang karir yang ditempuh anak, tentunya uang jajan yang diberikan akan semakin besar.


Orang tua bisa membuat catatan tentang kebutuhan anak. Baik biaya transportasi, biaya makan, biaya membeli peralatan sekolah, biaya sosialisasi anak dan sebagainya. Dengan catatan tersebut, bisa membantu orang tua untuk mengatur seberapa banyak uang jajan yang diberikan.


Membuat Kesepakatan Anak saat disekolah


Sebelum memberikan uang jajan, alangkah baiknya orang tua dan anak melakukan kesepakatan. Anak perlu tentang berapa nominal yang akan ia dapatkan dan untuk apa uang itu dialokasikan. Hal-hal seperti ini harus jelas di awal. Agar anak tidak ekpektasi/ trust issue kepada orangtuanya.


Tidak ada salahnya memberikan uang jajan berlebih. Terutama saat anak mendapat prestasi-prestasi disekolah. Beri tahu anak soal pentingnya menyisihkan uang. Uang bisa dikumpulkan dalam celengan bahkan rekening, kelak tabungan tersebut bisa dibelikan sesuatu yang memang diperlukan anak.

Tidak ada komentar untuk "Parenting 101: Tips Tepat Menentukan Uang Jajan Untuk Anak"