4 Teknik Olahraga Untuk Ibunda Yang Baru Melahirkan

 4 Teknik Olahraga Untuk Ibunda Yang Baru Melahirkan





Proses hamil dan melahirkan adalah proses yang sangat berat, ibunda harus melakukan berbagai penyesuaian entah pola makan atau mengurangi aktivitas-aktivitas berat. Setelah proses melahirkan berakhir, ibu mungkin bertanya-tanya tentang kapan waktu yang tepat untuk berolahraga.


Setidaknya ibu baru boleh berolahraga ringan setelah 4 Minggu setelah melahirkan. Namun kasus persalinan Caesar ibu baru boleh berolahraga raga pasca 6 Minggu persalinan. 


Namun perlu diperhatikan agar bunda memilih jenis olahraga yang ringan, agar komplikasi-komplikasi setelah hamil bisa hindari.


Berikut ini kami sajikan 5 Teknik Olahraga yang disarankan untuk ibu hamil:



Olahraga pinggul ( kegel )


Olahraga kegel ini sebenarnya boleh dilakukan saat ibu sedang hamil, bahkan dokter kandungan sering merekomendasikan hal tersebut untuk menjaga fisik bunda. Olahraga pinggul bisa dilanjutkan kembali sesudah persalinan. Melakukannya secara rutin apalagi pada masa Postpartum, ini akan mengembalikan kekuatan dari otak pinggul.


Baca juga: Rekomendasi 5 Makanan Untuk Atasi Keluhan Vertigo


Olahraga kegel/pinggul bisa dilakukan dengan mengencangkannya dan tahan selama 10 - 15 detik. Lakukan hal secara rutin.


Olahraga diafragma


Otot diafragma biasanya mengendur ketika ibu dalam masa kehamilan. Oleh karena penting sekali untuk melakukan olahraga agar otot yang menghubungkan antara tenggorokan dengan perut itu kembali dengan kekuatan semula. Selang beberapa hari setelah persalinan , bunda bisa mencoba latihan diafragma dengan olah pernafasan.


Atur masuk dan keluarnya udara, kemudian ditahan 10 - 15 detik. Lakukan kegiatan ini secara berulang-ulang dengan posisi rileks, duduk ataupun berbaring. Gunakan matras yoga agar tubuh semakin nyaman. Olahraga diafragma juga bisa dijadikan sarana untuk mengurangi stress.


Latihan berjalan


Setelah kondisi tubuh sudah mulai leluasa, bunda bisa melakukan latihan berjalan sambil membawa bayi. Bunda bisa menggendong/membawa stroller bayi.  Kegiatan ini akan merangsang kekuatan kaki dan tangan. Bunda bisa mencoba rute-rute yang sedikit menanjak untuk mendapatkan hasil olahraga yang ideal.


Jika ibu sudah berjalan beberapa bulan setelah persalinan, disarankan untuk melakukan gerakan squad sambil menggendong anak. Bisa dilakukan dengan durasi 10 - 15 Menit. Aktivitas ini bisa dilakukan secara outdoor, saat cuaca sedang cerah.


Metode Swiss Ball Birds Dog Holds


Metode Swiss Ball Birds Dog holds adalah gerakan yang disarankan untuk bunda pasca melahirkan. Metode ini akan meningkatkan stabilitas, memperbaiki postur, menguatkan stamina dan meminimalisir nyeri pasca persalinan.


Caranya adalah ibunda menaruh tubuhnya pada bola khusus yoga. Lakukan gerakan tersebut dengan kaki dan tangan sama-sama menyentuh tanah. Mata melihat bagian bawah dan arahkan tangan kanan untuk meraih kaki kiri begitu pula sebaliknya. Lakukan gerakan selama 1 - 2 detik.


Per-sesinya maksimal dilakukan selama 10 kali dengan berganti-gantian.



Demikian, gerakan olahraga yang disarankan untuk ibu pasca melahirkan. Semoga bisa menjadi solusi bunda untuk tetap sehat.


Tidak ada komentar untuk "4 Teknik Olahraga Untuk Ibunda Yang Baru Melahirkan"