Rekomendasi 5 Makanan Untuk Atasi Keluhan Vertigo

 Rekomendasi 5 Makanan Untuk Atasi Keluhan Vertigo



Vertigo membuat penderitanya merasakan sensasi pusing, ketika melihat, lingkungan sekitarnya seperti berputar-putar dan mabuk, namun gejala vertigo berbeda dari pusing biasa. 


Vertigo terjadi karena terdapat masalah pada sistem koordinasi otak, telinga, dan jalur syaraf sensorik. Paling banyak penyakit ini menimpa golongan orang usia 65 tahun keatas. Faktor yang menyebabkan vertigo biasanya karena pola hidup kurang terkontro, terlebih dalam konsumsi gula dan MSG.


Untuk meredakan gejala vertigo, berikut ini kami akan menyajikan uraian tentang makanan-makanan untuk mengobati vertigo berikut ini:


Buah-buahan


Makanan yang paling umum dikonsumsi penderita vertigo adalah buah-buahan karena memiliki vitamin dan kaya akan serat. Anda bisa mencoba buah-buahan berikut ini:


  • Alpukat: sumber Vitamin B6

  • Manggis: sumber vitamin kompleks ( A, B6, B12, dan C )

  • Pisang: Sumber energi kaya karbohidrat

  • Tomat: efektif redakan gejala vertigo karena punya kalium, bermanfaat untuk melancarkan metabolisme



Sayuran


Sumber makanan bergizi untuk penderita vertigo bisa didapat dari sayuran. Perbanyak konsumsi kacang-kacangan untuk memberikan energi ekstra pada tubuh. Kacang juga memiliki kandungan mikronutrien dan antiinflamasi yang membantu mengurangi gejala kambuhnya vertigo. 


Perbanyak konsumsi sayuran seperti wortel, brokoli,  buncis dan bayam karena segala vitamin dan mineral dapat dipenuhi oleh sumber makanan tersebut. Manfaatnya adalah untuk mengurangi tekanan dan cairan yang ada dalam telinga.


Biji-bijian


Biji-bijian seperti oat, gandum, beras, quinoa dan couscous diketahui memiliki manfaat yang luar biasa untuk menyembuhkan vertigo. Biji-bijian kaya akan mineral seperti mangan, fosfor, magnesium dan selenium 


Salah satu jenis biji-bijian yang bagus adalah beras merah. Beras ini memiliki kandungan gula yang cocok bagi penderita vertigo. Konsumsi secara rutin sampai gejala mereda.


Daging sapi dan domba


Berdasarkan jurnal yang dikeluarkan healtline penyebab utama vertigo jenis Vestibular dan meniere's desease bisa disembuhkan dengan konsumsi makanan rendah natrium. Makanan seperti sayur, kacang-kacangan  dan daging adalah salah solusinya.


Sumber daging yang bagus untuk penderita vertigo adalah daging sapi dan domba. Namun pilihlah daging yang minim lemak. Adanya protein dalam daging Tersebut akan membantu peredaran dalam otak menjadi lebih lancar.



Daging ayam


Bila sulit mendapatkan daging sapi/domba alternatifnya adalah daging ayam. Anda bisa konsumsi ayam kampung, broiler dan daging ayam kalkun karena diketahui memiliki protein hewani yang banyak. Namun anda harus memperhatikan porsinya. 


Setiap 100 gram daging ayam mengandung 20 gram protein, imbangi porsi tersebut dengan tambahan sayuran, umbi dan kacang-kacangan.