Kenali Manfaat Program Magang Bagi Mahasiswa

 Kenali Manfaat Program Magang Bagi Mahasiswa




Dalam pertengahan semester perkuliahan biasanya mahasiswa akan dihadapkan dengan tugas magang. Mungkin ada yang masih bertanya tentang seberapa esensial pentingnya Magang, kenapa diwajibkan dan sebagainya.  


Periode magang biasanya dilaksanakan saat mahasiswa menginjak semester 6 - 7, dan dilaksanakan di luar kampus bekerja sama dengan instansi pemerintahan/swasta selama 3 - 6 bulan. Magang juga menjadi salah satu syarat mahasiswa mengikuti skripsi.


Untuk lebih detail mengenai manfaat magang bagi mahasiswa silahkan simak artikel berikut ini;


Menambah Wawasan


Tujuan fundamental program magang adalah meningkatkan kompetensi mahasiswa, bukan hanya handal dalam teori namun mereka juga harus cakap ketika ditempatkan dalam situasi pekerjaan lapangan. Magang di tempat yang sesuai latar keilmuan mahasiswa juga akan membantu pengaplikasian ilmu-ilmu  yang sudah didapatkan di kampus. Pengalaman dan keberanian mahasiswa akan di uji saat jadi peserta magang.


Sarana silaturahmi kampus dan pihak luar


Manfaat positif magang itu bukan hanya untuk mahasiswa saja, melainkan juga bentuk terjaganya silaturahmi antara kampus dengan instansi lain. Magang meningkatkan relasi dan hubungan baik. Dampak baiknya adalah kampus bisa menyediakan tempat untuk Mahasiswanya memperoleh pengalaman kerja. Sementara di pihak perusahaan, mereka mendapatkan tambahan sumberdaya manusia berkualitas, sehingga produktivitas semakin meningkat.


Potensi Mahasiswa Semakin Meningkat


Potensi Mahasiswa akan lebih terasah ketika mengikuti magang. Mereka akan merasakan feel kerja lapangan yang selama ini belum pernah dirasakan. Adaptasi, komunikasi, hardskil, dan softskill akan menjadi point keberhasilan dari program magang itu sendiri.


Dengan magang mahasiswa lebih cepat untuk keluar dari zona nyaman dan diharapkan ketika sudah lulus, mereka sudah memiliki kesiapan dalam menghadapi dunia kerja.


Memiliki Relasi Luas


Relasi menjadi bekal ketika lulus dan menjadi fresh graduate. Dengan magang, kesempatan untuk bertemu orang-orang yang lebih berpengalaman, teman-teman baru dan lingkungan suportif bisa dilakukan. Dan bisa memudahkan saat, mahasiswa melamar kerja kedepannya, ketika melamar di perusahaan tempatnya magang.


Kesempatan magang dari tahun ke tahun tetap ada, bahkan sekarang ini banyak sekali tumbuh start up, yang membutuhkan tenaga anak muda. Stamina, semangat dan kreativitas mahasiswa magang bisa menjadi nyawa dalam memajukan industri keseluruhan di Indonesia.

Tidak ada komentar untuk "Kenali Manfaat Program Magang Bagi Mahasiswa"