Jenis-jenis Masker Kesehatan Untuk Menekan Persebaran Virus

 Jenis-jenis Masker Kesehatan Untuk Menekan Persebaran Virus




Virus Corona menjadi momok yang menakutkan karena memiliki tingkat Persebaran yang tinggi. Virus ini bisa tersebar melalui cairan droplet yang biasanya keluar akibat batuk dan interaksi dalam jarak dekat. Droplet bisa bertahan pada benda-benda padat dan sangat rawan menyebarkan virus apabila terjadi kontak.


Sebagai salah satu dari aturan protokol kesehatan, masker menjadi salah satu alat yang diharapkan mampu mengurangi tingkat Persebaran virus. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaannya mampu mengamankan seseorang dari serangan covid 2019 hingga 75 persen.


Tahukah anda bahwa jenis masker kesehatan ada banyak ? Berikut ini adalah daftarnya:


Masker bedah 3 Ply


Jenis masker bedah paling sering ditemukan dan dipakai oleh tenaga medis. Masker bedah 3 Ply memiliki Tingkat keamanan yang tinggi, tebal lapisannya mampu menghindarkan seseorang dari pancaran droplet. Terdapat 3 lapisan dari masker ini yang bahkan mampu memfilter dari serangan kuman. 


Baca juga: Cara Mudah Mengatur Jadwal Belajar Secara Efektif


Masker bedah 3 Ply menjadi rekomendasi utama untuk dipakai sehari-hari karena efektif menghentikan persebaran virus Corona. Namun anda harus memakainya 1 kali pakai saja, karena karakteristiknya yang harus sering diganti tiap harinya.


Masker N95


Masker N95 dikenal memiliki harga yang lebih tinggi daripada masker bedah dan biasanya dipakai oleh tenaga medis disaat kasus persebaran virus sangatlah tinggi. Bahan-bahan yang berkualitas menjadi penyebab kenapa masker jenis ini berharga mahal.


Kemampuan filter masker N95 mampu menyaring hingga 95 % bakteri/virus yang terdapat di udara. Daya filternya mampu menyaring partikel dalam ukuran mikrometer.  Sehingga paru-paru bisa terhindar dari resiko plak. Namun demikian pemakaian masker N95 hanya pada saat darurat saja selain karena harganya, bahan-bahan masker ini mungkin menyebabkan sesak nafas.


Masker N99


Jenis masker ini merupakan versi yang lebih terbarukan daripada N95. Memiliki keefektifan mampu menangkal hingga 99 % virus/bakteri udara dan mampu memfilter  partikel hingga 2.5 PM. Jelas dengan spesifikasi ini masker N99 bisa diandalkan menjadi alat garda terdepan penanggulangan covid 2019.


Pilihlah masker N99 dengan 2 katup karena memiliki sirkulasi udara yang lebih luas, membuat pernafasan lebih lega. Jenis masker ini sering digunakan dalam kondisi tertentu seperti penderita tuberkulosis, tenaga medis hingga penderita covid berat. Karena terbuat dari bahan serat, diharapkan pemakaian maksimalnya berlangsung 1 hari.


Masker N100


Masker dengan filterisasi 99,7 %, mampu menyaring udara dari partikel-partikel berbahaya. Dengan spesifikasi ini partikel padat yang lebih kecil 30 kali lipat daripada rambut bisa tersaring dengan masker N100. Tak heran bila harganya sangatlah mahal.


Sedikit info masker bertipe " N" berarti melindungi penggunaannya dari partikel-partikel non-minyak.  Contohnya debu, putik bunga, asap hingga virus. Masker N100 memiliki harga kisaran 300.000 rupiah.


Masker R95


Masker dengan kode " R" berarti masker yang mampu melindungi berbagai partikel baik padat maupun berminyak  dengan ketahanan menengah. Jika anda memakai masker jenis ini, beruntunglah karena mampu menyaring udara hingga 95 % . Virus-virus penyebab flu dan corony akan tertangkap dengan keberadaan R95.  Untuk harganya relatif lebih terjangkau sekitar 60.000 Rupiah.



Tidak ada komentar untuk "Jenis-jenis Masker Kesehatan Untuk Menekan Persebaran Virus"