Cara Mudah Membuat Jadwal Belajar Efektif, Yuk Praktekkan

 Cara Mudah Membuat Jadwal Belajar Efektif, Yuk Praktekkan



Untuk meningkatkan prestasi dan kedisiplinan dalam belajar memang perlu komitmen panjang. Karena proses belajar itu berlangsung lama dan perlu waktu untuk dirasakan impact-nya. Bagi yang belum terbiasa teratur, untuk memulai jadwal belajar pasti rasanya berat.


Belajar yang baik tentunya harus bisa mengefektifkan Waktu, kemampuan da metode setiap orang, untuk menghasilkan sesuatu yang maksimal. Namun jangan khawatir karena kami akan membagikan resepnya:


Berlatih menulis jadwal secara manual


Dengan kecanggihan teknologi, sering orang lebih suka menulis catatan penting menggunakan gadge, lalu disimpan dalam bentuk memo. Sebenarnya ini tidak masalah. Karena lebih cepat dan praktis bila dibandingkan menggunakan kertas.


Namun dari sisi proses belajar itu sendiri, ternyata menulis manual di kertas itu lebih direkomendasikan. Belajar akan lebih efektif, karena melibatkan tangan dan otak. Ada proses kognitif terlibat dalam metode ini, sehingga membuat otak lebih cepat hafal dalam mengakses ilmu-ilmu baru.


Semakin detail semakin bagus


Tips selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan adalah menulis jadwal belajar secara detail. Kenapa hal ini penting, karena untuk membiasakan otak lebih bekerja keras, agar otak lebih banyak memasukkan input. Sering orang mengalami masalah belajar bukan karena bodoh, melainkan karena sikap malas menunda pekerjaan.


Semakin detail jadwal yang dicatat, akan membantu otak untuk ingat melakukan belajar. Kebiasaan seperti ini bisa dilakukan sejak dini, itu lebih baik karena kedisiplinan adalah modal seseorang bisa berkembang secara intelektual.


Meminta Saran Orang Lain


Langkah ini bisa dilakukan bila kita masih bingung dengan cara menjadwal sebuah pelajaran. Mintalah saran kepada orang lain, entah teman, guru atau kerabat. Pastikan mereka memang memiliki kebiasaan belajar yang baik, sehingga pantas untuk dicontoh.


Namun bila sudah nyaman dengan gaya belajar yang sudah dilakukan, maka tidak usah di utak-atik lagi. Yang paling penting adalah kita bisa belajar dengan manajemen waktu yang tepat.


Objektif dalam menyelesaikan tugas


Kurang objektif bisa menjadi alasan kenapa pola belajar tidak efektif. Karena yang paling pokok itu bukan belajar sistem kebut semalam, melainkan belajar singkat namun materi bisa diterima secara utuh. Bersifat objektif diperlukan untuk menilai apakah sistem belajar yang diterapkan, bisa berjalan bagus atau tidak.


Memang untuk menemukan gaya belajar harus dilakukan yang namanya trial and eror. Jam terbang yang tinggi, membuat kita semakin tahu kekuatan dan kelebihan yang kita miliki. Dengan penilaian objektif, progres belajar juga bisa diketahui secara akurat.


Terus bertekad


Ini adalah step terakhir untuk mendapatkan metode jadwal belajar yang efektif. Dengan menanamkan tekad yang kuat, disiplin melaksanakan belajar sesuai dengan waktu dan peraturan yang sudah dibuat. Jangan sampai setengah-setengah dalam berniat, karena akan berpengaruh pada hasil. 

Tidak ada komentar untuk "Cara Mudah Membuat Jadwal Belajar Efektif, Yuk Praktekkan"