Beragam Manfaat Lompat Tali Untuk Kesehatan, Olahraga Simpel Bisa Dilakukan Di Rumah

 Beragam Manfaat Lompat Tali Untuk Kesehatan, Olahraga Simpel Bisa Dilakukan Di Rumah



Pernahkah sobat bermain lompat tali, permainan ini sangat lazim dilakukan pada masak kanak-kanak bahkan di ajarkan saat masa sekolah. Selain seru, bermain lompat tali juga memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan. Hanya dengan menggunakan karet yang disambung saja, tubuh bisa meningkat kesehatanya, koordinasi antar anggota tubuh akan semakin baik hingga menaikan level cardio.


Banyak ahli yang menyarankan, bahwa lompat tali/Skipping bisa dilakukan 2 kali perminggu, dengan durasi 10 Menit. Olahraga raga bahkan bisa dilakukan di rumah.


Untuk detail mengenai ragam manfaat lompat tali silakan simak artikel berikut ini :


Meminimalisir Cidera Kaki


Lompat tali secara rutin rupanya membantu anggota tubuh untuk lebih kuat. Itulah alasan banyak atlet melakukan kegiatan ini sebelum berlatih. Mulai dari tangan, bahu, dan kaki akan bergerak aktif mengikuti irama tali. Hal ini akan melatih koordinasi. Lompat tali sangat disarankan bagi sobat yang menyukai olahraga lari, sepakbola, basket dan olahraga yang melibatkan kekuatan fisik lainnya. Karena manfaatnya bisa meminimalisir resiko cidera, lompat tali mengajarkan kita mengoptimalkan kekuatan kaki.


Membakar Kalori


Bila anda sedang berencana diet, anda bisa melakukan olahraga lompat tali karena efektif untuk membakar kalori. Bahkan dalam durasi 1 jam bisa membakar 1.300 kalori, ini lebih banyak daripada joging. Bagi anda yang sibuk, olahraga ini bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja. Cukup sediakan alat Skipping, yang bisa didapatkan dengan 15.000 saja.


Lompat tali bisa dilakukan 10 menit perhari, sebelum sekolah, bekerja dan aktivitas lain. Kalori yang terbakar, akan membuat tubuh terhindar dari obesitas dan gangguan kesehatan lainnya.


Menguatkan Tulang


Lompat tali adalah olahraga yang direkomendasikan untuk menjaga kekuatan tulang. Bisa dilakukan bagi anda yang berusia 30 tahun ke atas, karena di usia-usia ini keluhan tentang tulang mulai terasa. Lompat tali akan memaksa kaki untuk berkerja ekstra, bagaimana tidak ? Kita harus mempertahankan lompatan sesuai kecepatan tali. Namun bila rutin dilakukan, tubuh akan menyesuaikan dan tanpa terasa kaki dan tulang akan terasa lebih kuat dari sebelumnya.


Memperkuat Jantung


Jantung yang sehat adalah kunci kesehatan secara keseluruhan. Organ ini bertanggung jawab memompa oksigen dan darah ke seluruh tubuh, maka dari waktu menjaganya adalah sebuah kewajiban bagi setiap manusia. Lompat tali adalah olahraga yang cocok untuk memperkuat Jantung, karena anggota tubuh akan dibiasakan gerakan aerobik secara kontinyu.


Untuk hasil terbaik, lompat tali untuk kesehatan jantung bisa dilakukan 15 - 20 Menit sebelum beraktivitas. Kapasitas jantung akan bertambah secara perlahan, sehingga metabolisme semakin kuat.


Memperbaiki pernafasan


Sering ngos-ngosan saat berolahraga, itu artinya level cardio anda sangat rendah. Untungnya hal tersebut bisa diatasi dengan rajin lompat tali. Lakukan setidaknya 2 kali seminggu, agar tubuh terbiasa dengan intensitas olahraga. Dengan demikian cardio akan terbentuk, sehingga nafas anda akan lebih kuat saat menghadapi situasi olahraga yang lebih berat.



Tidak ada komentar untuk "Beragam Manfaat Lompat Tali Untuk Kesehatan, Olahraga Simpel Bisa Dilakukan Di Rumah"