Tips Belajar Menulis Yang Super Menyenangkan

 

Tips Belajar Menulis Yang Super Menyenangkan

Tips Belajar Menulis Yang Super Menyenangkan - Banyak orang yang beranggapan bahwa belajar menulis sangat sulit, membosankan, membuat pusing, dan lain sebagainya. Belajar menulis itu harus dimulai dari sejak dini, mulai dari hal yang kecil, dan mulailah dari sekarang.

Belajar menulis tentu ada tahapannya, yang dimulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA), dan Perguruan Tinggi (PT). Terkait dengan tulis-menulis, setiap jenjang pendidikan tentunya ada perbedaan level kesulitannya.

Namun, bila Anda saat ini sudah merasa terlambat untuk mulai belajar menulis, jangan khawatir, saya pun baru agak aktif menulis ketika selepas SMA, itu pun belum konsisten. Tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik, bahkan bisa menjadi sesuatu yang berharga dan menyenangkan dengan satu langkah kecil saja.

Belajar menulis bisa menjadi sesuatu yang menyenangkan apabila dilakukan dengan cara yang benar. Sebelum berlatih menulis, Anda harus mengubah pola pikir Anda bahwa menulis tidak sulit.

 

Tips Belajar Menulis

Berikut tips-tips Belajar Menulis Yang Super Menyenangkan untuk Anda atau saat mengajari anak belajar menulis:

1. Menulislah yang bermakna

Sering kali guru atau orang tua mengajari anak didiknya asal tulis tanpa makna yang jelas, sehingga anak didik sering melupakan yang dipelajari tadi. Sebenarnya menulis adalah salah satu pembelajaran untuk berkomunikasi. Misalnya anak beri contoh menulis pesan pendek, ucapan selamat, atau daftar mainan yang dimiliki anak di rumah masing-masing. Itu juga bisa untuk pekerjaan rumah, esok harinya baru dibahas.

 

2. Menulis yang menyenangkan

Ketika belajar menulis, coba sambil diaplikasikan dengan permainan yang menyenangkan. Misal anak disuruh menulis “harimau” kemudian Anda mengatakan “harimau makan apa?”. Biarkan anak-anak menjawab. Misal menjawab: “kelinci”, maka Anda menyuruh anak menulisnya.

 

3. Menulis yang tertarget

Sering kali anak didik disuruh menulis panjang, seperti cerpen atau pengalaman pribadi minim satu halaman penuh. Dengan pola ini anak didik menjadi frustrasi dulu karena terkesan banyak sekali. Misal ubahlah pola tersebut, setiap anak diberi daun hidup, mereka diharuskan menulis cerpen beberapa lembar yang harus diselesaikan beberapa hari sebelum daun itu layu. Sehingga anak didik menjadi termotivasi.

 

4. Menyediakan stasiun tulisan

Sebagai pengajar harus lebih kreatif, misalnya dengan menyediakan kotak atau papan pengumpulan tugas. Bagi anak didik yang menyelesaikan tepat waktu akan mendapatkan reward atau penghargaan walaupun tak seberapa nilainya.

 

5. Kreatif menggunakan barang unik

Misalnya anak didik diperbolehkan menulis dengan jarinya menggunakan tepung di atas nampan, membuat huruf di lantai dengan kertas-kertas bekas yang dibentuk menjadi kata atau kalimat.

 

6. Berilah pujian atau kritik

Apabila anak didik mampu menyelesaikan tugas menulis yang diberikan oleh Anda tepat waktu dan paling cepat, berilah pujian walau hanya dengan tepuk tangan. Begitu juga sebaliknya, apabila ada yang tidak dapat menyelesaikan tepat waktu, berilah kritik yang membangun (feedback). Misalnya: “Kamu belajar menulisnya lebih rajin lagi ya, agar dapat hadiah dari bapak/ ibu guru”.

 

Belajar menulis tidak harus selalu duduk, tetapi bisa juga sambil bermain. Sebagai pengajar, pandai-pandailah mengolah materi agar anak didik merasa super menyenangkan saat belajar menulis.

 

Demikianlah tips tips Belajar Menulis Yang Super Menyenangkan untuk Anda atau saat mengajari anak didik belajar menulis. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi.... (tipsnya.com)

Tidak ada komentar untuk "Tips Belajar Menulis Yang Super Menyenangkan"