Cara Merawat HP Baru dan Lama Agar Awet

 

Cara Merawat HP Baru dan Lama Agar Awet

Cara Merawat HP Baru dan Lama Agar Awet - Handphone merupakan sebuah perangkat yang sudah menjadi kebutuhan pokok generasi milenial, bagaimana tidak ? Selain sebagai alat komunikasi sehari-hari, HP juga multifungsi sebagai pendukung kerja dan aktivitas lainnya. Namun, jangan lupa untuk merawat HP supaya tidak cepat rusak ya. Sudah tahu belum bagaimana cara merawat HP baru dan lama agar awet ?

7 Tips dan Cara Merawat HP Tetap Awet

Seringnya penggunaan HP tidak menutup kemungkinan membuatnya rentan rusak, terlebih jika penggunaannya sembarangan. Kerusakan yang terjadi pun sangat beragam, mulai dari baterainya yang boros, lemotnya sistem operasi hingga layarnya yang retak. Nah, untuk menghindari hal tersebut, yuk cek tips dan cara merawat HP agar tetap awet berikut ini.

Menggunakan Charger Original

Tanpa disadari, penggunaan charger original akan mendukung umur baterai smartphone lho. Dan sebaliknya, jika sering menggunakan charget yang tidak oroginal maka akan mengakibatkan HP cepat rusak. Selain itu, penggunaan power bank yang terlalu sering juga tidak disarankan karena bisa menyebabkan baterai HP tidak  awet.

Mengisi Daya Secukupnya

Cara merawat HP baru dan lama agar awet berikutnya yaitu dengan mengisi daya HP secukupnya saja. Hindari mengisi daya HP 100 % karena bisa menurunkan kapasitas baterai. Sebaiknya, lakukan pengisian daya direntang 30 sampai 80 % supaya voltase baterai tetap rendah sehingga membuat baterai smarthphone lebih awet dan tahan lama.

Rutin Membersihkan HP dari Debu

Anda sering beraktivitas di luar rumah ? Tidak menutup kemungkinan HP sangat rentan terkena debu ya. Jangan biarkan debu terlalu lama mengendap di smartphone anda karena bisa menyebabkan HP menjadi cepat panas. Oleh karena itu, perawatan terbaik supaya HP tetap awet dengan rutin membersihkannya dari debu dan kotoran.

Hindari Bermain Game Saat Pengisian Daya

Kebiasaan bermain game saat melakukan pengisian daya seringkali menjadi penyebab HP menjadi cepat rusak. Tak heran jika HP baru tidak awet karena tetap bermain game saat mengisi daya. Untuk mencegah hal tersebut, hindari bermain game saat pengisian daya supaya smartphone tidak mudah drop dan tahan lama ya!

Melindungi Layar HP Menggunakan Screen Protector

Penggunaan screen protector sangat berguna untuk melindungi layar LCD HP dari benturan keras. Selain itu, juga berfungsi untuk meminimalisir terjadinya goresan pada layar akibat jatuh ke lantai atau terkena benda-benda tajam. Jadi, lindungi layar HP menggunakan screen protector supaya hp anda awet ya.

Menggunakan Antivirus

Tahukah anda bahwa setiap perangkat smartphone sangat rentan terkena virus ? Tak terkecuali HP yang baru saja anda beli. Virus bisa menyerang HP dalam bentuk spam aplikasi atau lainnya. Oleh karena itu, untuk melindungi HP supaya terhindar dari serangan virus sehingga tidak mudah rusak, bersihkan sistem perangkat HP dengan antivirus secara rutin.

Menghapus Aplikasi yang Jarang Dipakai

Cara terakhir merawat HP supaya lebih awet dan tahan lama yaitu dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan atau tidak penting. Karena, salah satu penyebab HP sering mengalami slow respons saat membuka atau menutup aplikasi karena banyaknya aplikasi yang memakan RAM dan CPU cukup besar. Jadi, sebaiknya hapus aplikasi yang jarang dipakai untuk menjaga perfroma HP tetap bagus.

Itulah dia ketujuh tips cara merawat HP baru dan lama agar awet dipakai sehari-hari. Jangan abaikan tips diatas supaya anda tidak perlu mengganti HP baru karena HP lama cepat rusak. Semoga bermanfaat ya! (tipsnya.com)

Tidak ada komentar untuk "Cara Merawat HP Baru dan Lama Agar Awet"