Cara Memilih Mainan Anak, Orang Tua Wajib Tahu !

 

Cara Memilih Mainan Anak, Orang Tua Wajib Tahu !

Cara Memilih Mainan Anak, Orang Tua Wajib Tahu ! Si buah hati mendapat mainan pertama? Duh senangnya. Pilihlah mainan yang sesuai usia.

Gampang-gampang susah mencari mainan untuk anak kita. Apalagi kalau itu mainan pertamanya. Yang pasti, pilih mainan yang aman dan tidak membahayakan. Perhatikan juga kecocokan dengan usia perkembangan anak. Biasanya pada kemasan mainan, batas usia dicantumkan.

Mainan yang terbuat dari material atau cat yang mudah mengelupas sebaiknya dihindari. Begitu pula dengan mainan yang memiliki bagian-bagian kecil yang memungkinkan untuk tertelan anak di bawah satu tahun.

Setiap hari bagi buah hati kita adalah menemukan hal-hal baru. Itulah sebabnya aktivitas dan mainannya harus didesain untuk merangsang perkembangan otak dan indera mereka. Mainan dengan tekstur yang lembut, bentuk dan warna yang menarik, serta aman digigit, sangat dianjurkan.

Apalagi jika dapat mengeluarkan suara. Mainan jenis ini dapat membantu anak belajar, bereksplorasi dan merangsang mereka untuk berinteraksi.

Namun, jangan paksakan jika mainan pertama yang ayah dan bunda berikan kurang menimbulkan minat anak. Mungkin saja saat itu ia belum siap. Jauhkan untuk sementara waktu dan berikan kembali pada kesempatan yang lain.

Berikut tips ringan yang bisa ayah bunda lakukan untuk memilih mainan anak kali pertama yang tepat buat buah hati:

1.       cobalah cari mainan yang sesuai dengan perkembangan usia, fisik, dan emosinya. Permainan yang tepat akan membuat perkembangan reaksi fisik dan psikis, terutama kecerdasannya, mampu meningkat dengan pesat.

2.       cari mainan yang benar-benar aman untuk sang buah hati karena ia memang masih dalam masa pertumbuhan.

3.       kalau perlu, konsultasikan mainan yang Anda pilih pada penjual mainan. Biasanya, toko mainan besar punya rekomendasi mainan yang cocok untuk anak usia 0-12 bulan.

 

Demikianlah sedikit ulasan kami mengenai cara memilih mainan anak disertai beberapa tips ringan dari kami. Yang perlu kita ingat adalah bahwa bermain bagi anak adalah sarana untuk belajar, belajar dalam mengenali kemudian memahami apa saja yang ada di sekelilingnya.

Memilih permainan atau alat bermain sejatinya sama dengan memilih bagaimana anak kita dalam belar. Selamat mencoba, Selamat bermain, dan Selamat belajar.... (tipsnya.com).

Tidak ada komentar untuk "Cara Memilih Mainan Anak, Orang Tua Wajib Tahu !"