Cara Cerdas Menambah RAM Dengan Flashdisk di Windows

Cara Cerdas Menambah RAM Dengan Flashdisk di Windows


Bagaimana cara menambah RAM dengan sebuah flashdisk ? Atau Cara menjadikan flashdisk sebagai RAM ?hal tersebut akan menjadi pembahasan saya di artikel kali ini.oleh karena itu silakan simak baik-baik.

Pernahkah anda saat main game atau memutar video di PC / komputer terasa sangat lambat. Tentunya hal itu dapat mengganggu kenikmatan kita saat main game. tetapi tahukah anda biasanya hal tersebut terjadi karena game yang dimainkan memiliki jumlah data yang tinggi tetapi tidak seimbang dengan kapasitas ram yang terbatas.

Untuk mengatasinya sebenarnya kita bisa tanpa perlu membeli RAM. jika kita membeli sebuah RAM. tentunya kita akan mengeluarkan uang. tanpa perlu beli pun kita dapat memaksimalkan kinerja sebuah RAM melalui fitur Ready boost yang ada pada Sistem Operasi windows.

Lalu bagaimana caranya ? Sebenarnya kita hanya perlu menjadikan Flashdisk menjadi RAM eksternal. tapi persyaratan agar flashdisk dapat berfungsi dengan baik adalah sebagai berikut :

·         Flashdisk memakai sistem format FAT32, FAT16, atau NTFS.

·         Kemampuan menulis 1.75 Mb/s dan membaca 2.5 Mb/s.

·         Mempunyai tempat yang kosong minimal berkapasitas 235 Mb.

·         Mempunyai waktu akses data cepat sekitar 1 mili per detik atau bisa lebih cepat lagi.


Langkah-langkah cara menambah RAM dengan flashdisk


1. Pertama masukkan flasdisk yang akan dijadikan RAM ke komputer/Laptop

2.lalu buka Explore/My computer di device flasdisk lalu klik kanan selanjutnya klik properties.





2. Selanjutnya silahkan anda pilih Ready Boost.




4.setelah itu.pilihlah Use this device, Lalu tentukan kapasitas yang dibutuhkan untuk RAM.terakhir klik OK.





perlu diingat bahwa flashdisk ini hanya dapat memaksimalkan kinerja RAM dan jika dibandingkan dengan RAM aslinya maka akan berbeda. karena fungsi utama sebuah flashdisk adalah untuk menyimpan data saja. tetapi setidaknya flashdisk ini juga bisa membantu.

Perlu anda ketahui juga bahwa flashdisk yang digunakan untuk RAM ini jika sedang digunakan tidak bisa menyimpan data dan jika ingin menyimpan data maka kembalikan falshdisk lagi seperti fungsi awalnya. Yaitu dengan cara ubah settingnya dan pilih "Do not use this device" lalu klik OK

Cukup sekian, sampai di sini artikel saya tentang Cara membuat flashdisk menjadi RAM eksternal. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermafaat. dan apabila ada yang ditanyakan silakan bisa berkomentar di kolom komentar di bawah (tipsnya.id). 

Tidak ada komentar untuk "Cara Cerdas Menambah RAM Dengan Flashdisk di Windows"