Langkah Pertama Saat Laptop Kemasukan Air

 

Langkah Pertama Saat Laptop Kemasukan Air

Langkah Pertama Saat Laptop Kemasukan Air - Air merupakan musuh utama dari perangkat keras atau lebih dikenal dengan sebutan hardware, hal ini dikarenakan bisa menyebabkan konsleting atau hubungan arus pendek pada perangkat hardware laptop maupun komputer yang dapat menyebabkan kerusakan pada spare part atau komponen hardware pada laptop dan yang paling parah bisa menyebabkan matot alias mati total.

Saat laptop atau komputer terkena tumpahan air usahakan kamu rileks dan jangan gegabah mengambil tindakan sendiri yang bisa saja mengakibatkan kerusakan berkelanjutan, nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan solusi dan langkah pertama saat laptop kemasukan air, oke langsung saja ke inti pembahasan utama yaitu langkah pertama atau tindakan saat laptop kemasukan air.

 

1. Jangan hidupkan laptop

Kenapa jangan dihidupkan perangkat terlebih dahulu ? dikarenakan masih ada sisa air yang ada di dalam laptop tersebut yang jika berusaha dihidupkan akan menyebabkan konsleting atau arus pendek pada perangkat laptop tersebut.

 

 

2. Cabut baterai laptop

Untuk menghindari sisa arus listrik, kamu harus mencabut baterai pada laptop tersebut.

3. Lepas semua spare part

Untuk meminimalisir air di dalam laptop, kamu bisa melepas spare part seperti hardisk, ram, keyboard, fan, cd rom, lcd dan lain lain tapi jika masih ragu dalam melepas spare part saya sarankan untuk datang ke tukang service reparasi laptop. jika sudah terlepas semua keringan dengan kipas angin atau dibersihkan menggunakan tisu.

 

4. Keringkan perangkat dengan beras

Memang cara yang satu ini agak terdengar konyol, tapi jelas terbukti membantu dalam mengeringkan laptop yang kemasukan air. Tapi sebelum itu kamu harus memasang kembali semua spare part laptop, proses menimbun ke dalam beras bisa memakan waktu 1-3 hari agar benar-benar kering. jika sudah yakin kering lalu hidupkan laptop tersebut.

 

5. Bawa ke tempat service

Jika masih ragu dan takut untuk memperbaiki laptop yang terkena air saya sarankan kamu bisa membawa tukang reparasi service laptop untuk penanganan lebih lanjut.

 

Penutup

Sekian dari saya tentang tutorial dan informasi tentang artikel langkah pertama saat laptop kemasukan air, semoga artikel yang saya tulis dan bagikan ini bermanfaat bagi banyak orang dan terima kasih telah berkunjung ke tipsnya.com.

 

Tidak ada komentar untuk "Langkah Pertama Saat Laptop Kemasukan Air "