Cara Ajari Anak Pakai Baju Sendiri

 

Cara Ajari Anak Pakai Baju Sendiri

Cara Ajari Anak Pakai Baju Sendiri - Dalam fase menuju kemandirian pada anak, langkah awalnya bisa dengan mengajarinya memakai baju sendiri. Karena aktivitas ini akan melatih konsentrasi dan gerak motorik anak. Pada awalnya anak mungkin merasa kesulitan tapi jika dibiasakan, ia akan mahir dengan sendirinya.

Anak harus dilatih kemandiriannya sejak dini, agar ia berlatih memenuhi kebutuhannya sendiri dan tidak bergantung pada orang tua. Salah satu langkah Awalnya dengan mengajarkannya memakai baju sendiri.

Untuk langkah-langkah yang lebih spesifik silakan simak artikel cara ajari anak pakai baju sendiri berikut ini:

Mulai dengan cara yang mudah dulu

Saat mengajari anak memakai baju, pilihkanlah model yang Mudah, gunakan pakaian yang tidak membutuhkan kemampuan lebih yang bisa menyulitkan anak. Bisa dengan menggunakan kaos-kaos simpel terlebih dahulu. Yang penting anak bisa mempraktikkan hal ini dan dibiasakan.

Arahkan anak saat memakai baju, beri tahu mana arah baju yang benar agar ia tahu mana yang seharusnya di posisikan di depan dan mana yang harus di posisikan di belakang. Biarkan anak memasukkan badannya ke pakaian, jika ia sedikit alami kesulitan, kita bisa membantunya.

Berikutnya adalah mengajari anak memakai celana. Langkah awal bantu arahkan anak untuk memasukkan kakinya ke lubang, jika masih terlalu sempit kita bisa memperlebar lubangnya. Biarkan anak memasukkan kakinya sendiri. Agar anak tidak jatuh, memakai celana bisa dilakukan dengan duduk.

Mencontohkan Anak Secara Langsung

Cara terbaik untuk mengajarkan anak sesuatu yang baru adalah dengan mencontohkannya secara langsung. karena Anak akan lebih suka meniru apa yang ia lihat sehari-hari. Coba meminta anak untuk melihat cara kita memakai celana. Baik dalam memilih ukuran celana yang pas, cara memasukkan anggota badan ke dalamnya dan perlihatkan anak saat memasukkan kancing dan menarik resleting.

Dengan memberinya contoh secara langsung, anak akan lebih memahami apa yang kita inginkan.

Letakkan pakaian anak pada tempat terjangkau

Agar anak sering mempraktikkan memakai pakaiannya sendiri, perlu menyiasati tempat penyelenggaraan bajunya. Pastikan anak bisa mencari baju dan celananya dengan mudah. Jangan campur baju anak dengan orang tua dan posisikan tempat pakaian anak dengan tinggi yang sesuai dengan postur anak, agar sewaktu-waktu bila ia butuh bisa langsung diambil.

Penting untuk memberi keyakinan kepada anak bahwa memakai pakaian adalah sesuatu yang bisa ia lakukan tanpa bantuan orang tua.

Biarkan anak Memilih pakaian favoritnya

Jika anak sudah mulai memahami cara menggunakan pakaian yang tepat, kita bisa membebaskannya untuk memilih pakainya sendiri. Anak-anak mungkin memiliki preferensinya sendiri. Mulai dari warna, jenis dan ukuran pakaian.

Jangan terlalu mengatur anak yang penting ia nyaman dengan apa yang ia kenakan. Mungkin anak juga mulai bereksperimen dengan caranya berpakaian. Kita bisa memberinya aksesoris seperti kacamata, jam tangan, sepatu dan sejenisnya.

 

Itulah tips-tips cara ajari anak pakai baju sendiri dari kami. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel berikutnya dengan tipsnya.com.

Tidak ada komentar untuk "Cara Ajari Anak Pakai Baju Sendiri"