5 Tips Jitu Cara Bedakan Helm Asli dan Yang Palsu

 

5 Tips Jitu Cara Bedakan Helm Asli dan Yang Palsu

5 Tips Jitu Cara Bedakan Helm Asli dan Yang Palsu - Sepeda motor adalah moda transportasi yang paling banyak digunakan untuk mengaspal. Hal ini jugalah yang menyebabkan kecelakaan transportasi terbanyak adalah kasus yang melibatkan sepeda motor. Maka dari itu ketika mengendarainya kita harus melengkapinya dengan alat keselamatan, salah satunya helm.

Namun banyak ditemukan helm-helm palsu yang sengaja dibuat mirip dengan yang asli. Padahal kualitas dari keduanya sangatlah berbeda. Namun kami akan membagikan sebuah tips yang bisa dipakai untuk membedakan helm asli dan juga helm palsu.

 

Berikut ini 5 Tips Jitu Cara Bedakan Helm Asli dan Yang Palsu:

 

Cek Berat Helm

Tips jitu pertama untuk membedakan helm asli dan palsu dengan mengecek massa beratnya. Cara ini juga mudah dilakukan oleh siapa saja tanpa menggunakan alat apapun. Cukup dengan membawa helm dan rasakan. Helm yang asli pada umumnya memiliki ukuran yang presisi, ukurannya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil sehingga nyaman untuk dikenakan.

Sementara untuk helm yang palsu terlihat ukurannya tidak seimbang, kadang tidak sama antar sisinya. Bisa terlalu lebar juga terlalu kecil. Hal membuat helm palsu tidak nyaman dikenakan.

 

Perhatikan No Seri Helm

Ada satu cara lagi yang bisa mengidentifikasi mana helm asli dan mana versi replikasinya, yaitu dengan cara melihat no seri-nya. Semua pabrikan helm pasti mencantumkan no seri yang nantinya bisa digunakan untuk memastikan originalitas helm.

Perlu diketahui no seri setiap helm itu berbeda-beda. Jika ada helm yang menggunakan no seri yang sama dapat dipastikan bahwa helm tersebut palsu.

 

Kualitas Bahan Helm

Kualitas bahan yang digunakan bisa membedakan mana helm asli mana helm palsu. Karena dibuat dengan standard yang rendah, helm palsu dikenal tidak tahan lama dan mudah rusak. Hal ini disebabkan karena helm palsu dibuat dari bahan plastik yang gampang pecah.

Hal ini tentu berbeda dengan Helm original. Pabrikan sudah menjamin kualitasnya dibuat dengan standard mutu yang tinggi. Hanya yang memenuhi syarat saja yang akan dijual. Helm asli menggunakan bahan plastik terbaik yang terasa kokoh dan tidak gampang rusak.

 Karena terbuat dari bahan plastik, ketika diketuk helm palsu akan berbunyi nyaring, sementara helm asli bila diketuk akan minim suara.

 

Cek Kaca Helm

Pemeriksaan kaca helm juga diperlukan untuk memastikan keaslian helm. Helm palsu walaupun memiliki keserupaan fisik dengan yang asli, mempunyai perbedaan yang menonjol pada sisi kaca filmnya.

Helm palsu banyak menggunakan bahan akrilik untuk bagian kacanya. Ini adalah bahan yang gampang pecah. Lain halnya dengan helm original. Helm ori memakai kaca berbagai polycarbonate yang terkenal lentur dan kokoh dari risiko benturan.

 

Cek busa helm

Helm original mengutamakan sisi keamanan dan kenyamanan pengguna. Dan ini bisa dilihat dari busa yang digunakan. Rasanya lembut, pas dan nyaman di kepala.

Sementara helm palsu meski berharga murah tapi kualitas tidak bisa dibohongi. Busanya tidak nyaman dipakai dan cepat rusak.

 

Itulah 5 tips jitu cara bedakan helm asli dan yang palsu. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi bersama tipsnya.com.

 

Tidak ada komentar untuk "5 Tips Jitu Cara Bedakan Helm Asli dan Yang Palsu"