5 Tips Jaga Kesehatan di Masa Pandemi

 

5 Tips Jaga Kesehatan di Masa Pandemi

5 Tips Jaga Kesehatan di Masa Pandemi - Pandemi Covid 19 belum juga usai meskipun sudah tahun lamanya. Tak henti-hentinya pemerintah terus mensosialisasikan masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan. Karena peran untuk menanggulangi wabah ini harus dilakukan semua lapisan kalangan termasuk masyarakat.

Pandemi memang membuat fisik dan psikis menurun. Kita lebih banyak berinteraksi via virtual karena pembatasan interaksi secara langsung. Aturan ini ditegakkan tentu agar penyebaran virus corona bisa dihentikan.

Berikut ini adalah beberapa tips menjaga kesehatan di masa pandemi.

Atur durasi menatap layar

Pandemi yang belum usai membuat segala aktivitas kebanyakan dilakukan secara daring memanfaatkan perangkat seperti smartphone dan laptop. Baik bekerja maupun bersekolah semua dilakukan secara virtual dan ini membuat interaksi kita dengan layar meningkatkan signifikan.

Jika terlalu lama menatap layar bisa mengakibatkan computer vision syndrom yang mengakibatkan mata terganggu. Beri ruang untuk beristirahat, idealnya setiap 20 menit menatap layar diselingi istirahat 20 detik.

Biasakan Berolahraga

Berolahraga dimasa pandemi sangat penting untuk dibiasakan. Mengingat pandemi membuat mayoritas orang berada di rumah karena pembatasan aktivitas sosial. Hal ini membuat tubuh jarang bergerak dan bisa mengurangi tingkat imun.

Olahraga Hadir sebagai solusi untuk meningkatkan daya tahan tubuh selama pandemi. Berolahraga juga mengurangi kejenuhan selama pandemi. Olahraga seperti joging, yoga dan bersepeda sangat bagus untuk dilihat.

Aktif berkomunikasi dengan orang lain

Aturan pemerintah yang membatasi segala aktivitas sosial membuat masyarakat kehilangan momen untuk bersosialisasi dengan orang lain. Kita lebih banyak di rumah dan rentan mengalami stres. Untuk menjaga kondisi psikis maka perlu untuk berkomunikasi dengan orang lain. Meski tidak bisa bersua secara langsung namun kita bisa melakukannya via chatting ataupun video call.

Berkomunikasi dengan orang lain terbukti membuat perasaan jadi lebih tenang dan membuat kita tidak stress.

Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup adalah waktu yang harus disediakan untuk menjaga kesehatan selama pandemi. Buatlah jadwal tidur yang teratur agar kita tidak cepat lelah menjalankan aktivitas. Hindari begadang dan segala hal yang membuat tubuh jadi lelah.

Durasi tidur yang disarankan adalah 7 – 9 jam per hari. Istirahat yang cukup adalah kunci kuatnya imun dalam mencegah masuknya penyakit dalam tubuh kita.

Pakai Hand Sanitizer

Untuk mencegah virus Corona kita diwajibkan melaksanakan protokol kesehatan salah satunya dengan rajin mencuci tangan. Namun mencuci tangan terlalu sering membuat tangan kering.

Untuk mengatasi hal ini kita bisa menggunakan hand sanitizer. Zat yang ada di dalamnya bekerja efektif untuk membunuh virus dan menjaga kelembaban pada kulit.

Lakukan cuci tangan saat sebelum makan, bertemu orang lain dan sebelum mandi. Meskipun sederhana langkah tersebut akan memperkecil risiko penyebaran virus Corona.

 

Demikianlah Sob, beberapa tips menjaga kesehatan di masa pandemi dari kami. Semoga bermanfaat dan terimakasih telah berkunjung ke tipsnya.com.

 

Tidak ada komentar untuk "5 Tips Jaga Kesehatan di Masa Pandemi"