5 Dampak Buruk Yang Terjadi Bila Kamu Minder

 5 Dampak Buruk Yang Terjadi Bila Kamu Minder


Setiap manusia diberkahi karakter yang berbeda. Ada orang yang ambisius, selalu percaya diri dengan yang dikerjakan. Ada pula yang cenderung minder, tidak percaya dengan kemampuannya. Orang minder biasanya, belum bisa mengenali dengan betul apa kelebihannya, alasan itulah yang membuatnya tidak percaya diri.


Ternyata mempertahankan karakter minder, memiliki efek negatifnya tersendiri lho ? Mau tau secara lebih lengkap, silahkan simak artikel berikut ini:


Kehilangan Pintu Kesempatan


Minder, membuat kamu merasa tidak mampu, padahal kamu belum benar-benar melakukannya. Banyak kesempatan bagus yang datang, namun kamu tolak begitu saja. Bayangkan bila, kamu bersikap lebih berani menerima tantangan. Keluar dari zona nyaman membuatmu berkembang.



Tawaran bisa datang dalam berbagai hal, misalnya tawaran kuliah luar negeri, tawaran mengisi workshop, tawaran pekerjaan dan sebagainya. Bila itu datang ke kamu, itu berarti orang lain sudah melihat kapasitasmu seperti apa, kamu layak mendapatkannya.


Menumpulkan Potensi


Masih berhubungan dengan bahasan pertama, pintu kesempatan yang sebelumnya terbuka tapi kamu tolak akan menumpulkan potensi yang kamu punya. Potensi ibarat pisau yang perlu di asah agar tajam, bila yang terjadi sebaliknya pisau akan karatan. Minder bukanlah masalah sepele, bisa saja secara tidak langsung membuatmu tidak berkembang.


Tidak percaya diri, akan membuatmu tenggelam dalam rasa takut tak berakhiran, seumur hidup kamu dihantui dan mungkin timbul rasa penasaran, kenapa dulu kamu tak menerima Kesempatan berharga dalam hidup.


Dianggap Remeh Orang Lain


Orang yang minder rentan disepelekan orang. Hal ini terjadi karena kamu takut untuk bersuara. Cenderung mengiyakan saja apa permintaan orang, karena merasa tidak Enakan. Hal ini membuat orang lain memandang rendah kamu. Parahnya bila sudah terjebak dalam Lingkungan toxic, kelemahan kamu ini akan dimanfaatkan habis-habisan.


Untuk mengembalikan rasa berharga dalam diri kamu, perlu rasanya bergaul dengan Lingkungan suportif. Karena mereka bisa menghargai kelebihan dan kekurangannya setiap individu.


Sulit Memiliki Teman


Faktanya orang yang percaya diri, ramah dan senang bergaul akan lebih mudah mendapatkan koneksi. Mereka mudah mendapatkan teman, yang bisa membantu saat dibutuhkan. Hal ini berbeda bila kamu memiliki rasa minder. Kamu cenderung menutup diri dari pergaulan dan susah beradaptasi. Alhasil kamu susah mendapatkan teman.


Susah Mencari Jodoh


Minder efek negatifnya bisa merembet kemana-mana, termasuk soal jodoh. Kamu jadi tidak percaya diri mendekati lawan jenis, dan memilih mundur bila mendapatkan saingan. Kamu perlu menunjukkan keberangkatan dan rasa berjuang. Bila kamu tak kunjung melakukannya, mungkin orang kamu suka akan diambil oleh orang lain.


Tipsnya adalah menyadari bahwa setiap manusia Memiliki kelebihan dan kekurangan. Bahkan orang yang kamu anggap keren, kamu anggap lebih tinggi itupun memiliki kekurangan. Jadi untuk apalagi minder. Fokuslah pada kelebihan dan buat orang tertarik dengan prestasi.

Tidak ada komentar untuk " 5 Dampak Buruk Yang Terjadi Bila Kamu Minder"