Tips Memilih Pekerjaan Berdasarkan Kepribadian

Tips Memilih Pekerjaan Berdasarkan Kepribadian

Tips Memilih Pekerjaan Berdasarkan Kepribadian - Memilih pekerjaan bukanlah perkara sepele. Ada berbagai pertimbangan yang harus di pikirkan mulai dari gaji, jenjang karier, Domisili dan faktor lainnya. Namun ada satu hal penting yang harus dipertimbangkan yaitu faktor kepribadian.

Pekerjaan yang sesuai dengan panggung hati kita tentu terasa menyenangkan, bekerja menjadi lebih semangat dan potensi maksimal kita bisa digali.

Lalu bagaimana tips cara memilih pekerjaan berdasarkan jenis Kepribadian, silakan simak ulasan berikut ini:

 

Tipe Realistis

Orang Realistis cenderung tertarik pada sesuatu yang berbau kekuatan, koordinasi, dan hal realistis. Mereka dikenal sebagai pribadi yang tangkas dan bersemangat tinggi. Untuk masalah pekerjaan orang realistis cocok menjadi Engineer, Teknisi, Desainer dan profesi yang lebih mengandalkan praktik lainnya.

Tipe Realistis kurang cocok bekerja di bidang sosial, karena harus memiliki perasaan yang kuat. Tipe realistis biasanya dominan berpikir dengan logika

 

Tipe Investigatif

Orang Investigatif dikenal memiliki wawasan yang luas, suka belajar hal baru, haus akan informasi dan ilmu pengetahuan. Orang Investigatif juga mahir dalam memahami sebuah teori dan memiliki kemampuan akademis yang bagus.

Untuk pekerjaan, Tipe Investigatif akan bagus untuk berposisi sebagai pengajar, detektif, ilmuwan dan bidang-bidang yang berbau investigasi lainnya.

Orang Investigasi punya kelemahan dari sisi kepemimpinan, maka dari itu kurang sesuai bila harus bekerja menjadi pengusaha, pejabat dan sejenisnya.

 

Tipe Artistik

Orang bertipe artistik umumnya berjiwa bebas, fleksibel, memiliki pemikiran out of the box dan mahir berinovasi menciptakan sesuatu yang baru. Orang artistik juga diberkahi Kemampuan seni di atas rata-rata. Jika sahabat memiliki kepribadian seperti ini, ini adalah anugerah tuhan yang bisa dijadikan kekuatan jadi musisi, penyanyi, desainer, aktor dan profesi seni lainnya.

Tipe artistik memang akan cocok bila bekerja menjadi seniman namun agak kurang cocok bila bekerja dilingkungannya dengan disiplin tinggi seperti pekerja kantoran misalnya.

 

Tipe Sosial

Orang bertipe sosial memiliki gairah pada kegiatan sosial, mereka aktif dalam setiap lingkungan sosial. Mereka juga mahir beradaptasi dengan lingkungan baru, Berbicara di depan publik dan punya kepedulian tinggi.

Orang bertipe sosial sangatlah cocok bekerja menjadi guru, penyuluh masyarakat, dokter dan profesi yang membutuhkan interaksi lainnya.

 

Orang bertipe sosial tidak cocok bekerja pada bidang-bidang realistis karena tidak sesuai dengan potensinya.

 

Tipe Entrepreneur

Orang bertipe Entrepreneur adalah orang dengan kepemimpinan yang bagus. Mereka dikenal percaya diri dan mampu mengorganisir kelompok-kelompoknya. Mereka juga punya kemampuan mempengaruhi orang lain.

Orang Entrepreneur akan terwadahi kemampuannya bila memilih profesi seperti Pengusaha, pengacara, dan pejabat. Potensi kepemimpinan itu bisa meja modal bagus saat bekerja nanti.

Orang Entrepreneur kurang cocok bila bekerja di bidang-bidang investigatif, karena membuatnya merasa terkekang.

 

Demikianlah Tips Memilih Pekerjaan Berdasarkan Kepribadian yang bisa kami sampaikan. Terima kasih telah berkunjung ke tipsnya.com.


 

Tidak ada komentar untuk "Tips Memilih Pekerjaan Berdasarkan Kepribadian"