Tips Agar Anak Memiliki Pertemanan Yang Sehat



Tips Agar Anak Memiliki Pertemanan Yang Sehat - Anak yang memiliki kemampuan sosialisasi yang baik cenderung lebih mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan baru dan mempunyai teman. Kemampuan ini tentunya sangat baik untuk membentuk jati diri anak yang percaya diri dan nantinya juga mempengaruhi kesuksesan anak.

Kehadiran teman pada kehidupan anak tentu memiliki dua sisi yaitu positif dan negatif. Positifnya kebutuhan interaksi anak terpenuhi, negatifnya anak bisa menirukan perilaku temannya yang buruk.

Lalu bagaimanakah cara yang tepat agar anak memiliki pergaulan pertemanan yang sehat ? Berikut ini adalah Tips Agar Anak Memiliki Pertemanan Yang Sehat

Beri pengertian pada anak

Kunci keberhasilan pendidikan pada anak terletak pada pengawasan orang tua. Termasuk saat anak bergaul dengan teman-temannya.

Biasanya dalam pergaulan anak akan ada 2 kecenderungan yaitu pihak yang memberi pengaruh dan pihak yang dipengaruhi. Lalu anak kita cenderung kemana ? Jika anak cenderung mudah dipengaruhi. Maka berikan nasehat kepadanya bahwa tidak semua perilaku temannya harus ditiru apalagi bila mendapat perintah untuk melakukan hal buruk seperti bolos sekolah.

Berilah pengertian pada anak tentang pengenalan jati diri agar anak tak mudah ikuti arus orang lain.

Berilah pengertian mengenai arti persahabatan

Sering ditemukan bahwa anak terlihat sangat menurut dengan teman-temannya agar mendapatkan penerimaan. Anak takut menolak permintaan yang diarahkan kepadanya. Padahal hal ini akan mempengaruhi kesehatan mental anak. Anak jadi takut untuk percaya dengan orang lain.

Agar hal ini bisa dihindarkan dari anak kita, berilah pengertian pada anak tentang arti persahabatan yang sebenarnya. Bantu anak untuk memiliki teman yang bisa diajak berbagai, kerjasama dan hal positif lainnya. Anak juga perlu penegasan untuk menolak permintaan dari temannya yang dinilai memberatkan.

Kenali pergaulan anak

Salah satu hal yang bisa dilakukan agar anak memiliki pergaulan yang sehat adalah dengan mengenali lingkungannya. Tentu kita ingin anak berteman dengan teman sebayanya yang positif, yang bisa mengajarkan arti persahabatan untuk anak. Maka dari itu orang tua tidak boleh lengah untuk mengawasi anak.

Karena anak adalah peniru ulung, meniru perbuatan sering terekam dalam memori ingatannya. Anak juga belum mempunyai filter sempurna untuk menyaring mana yang baik mana yang buruk.

Kita bisa mengundang teman dari anak biar kita bisa melihat seperti apa pergaulannya, berkenalan dengan orang tua dari teman anak kita juga diperlukan agar bisa lebih berkoordinasi menciptakan iklim pergaulan yang sehat.

 

Demikianlah Tips Agar Anak Memiliki Pertemanan Yang Sehat yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung ke tipsnya.com (berbagi tips itu asyik).

Tidak ada komentar untuk "Tips Agar Anak Memiliki Pertemanan Yang Sehat"