Selain Untuk Detoksifikasi Inilah Manfaat Penting Puasa

Selain Untuk Detoksifikasi Inilah Manfaat Penting Puasa


Selain Untuk Detoksifikasi Inilah Manfaat Penting Puasa - Puasa bukan hanya mempunyai nilai ibadah semata. Meskipun bulan ramadhan sudah berakhir. Puasa tetap bisa dijadikan kebiasaan yang positif karena bermanfaat dalam hal kesehatan. Kita bisa menjalankan puasa Senin-Kamis, Daud, dan puasa Sunnah lainnya.

Menurut Dokter Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, beliau menuturkan bahwa puasa mampu membawa manfaat positif untuk tubuh. Untuk lebih lengkapnya silakan simak artikel di bawah ini:

Efektif sebagai Detoksifikasi

Baik puasa Ramadhan maupun puasa Sunnah sama-sama efektif dalam proses detoksifikasi. Saat puasa tubuh akan lebih optimal mengeluarkan racun-racun penyebab penyakit berbahaya seperti obesitas, diabetes dan jantung.

Kebiasaan puasa akan mengontrol kembali pola makan yang sebelumnya tidak teratur. Metabolisme tubuh akan berjalan lebih baik karena berkurangnya zat-zat berbahaya dalam tubuh. Puasa juga meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap antioksidan yang didapat dari sumber makanan bergizi.

Ketahui Jenis makanan yang mengganggu detoksifikasi

Puasa memang melatih seseorang agar tidak tergoda hawa nafsu. Termasuk godaan konsumsi makanan tak sehat. Meskipun berat dilaksanakan, tapi hasilnya akan setimpal. Jangan sampai efek positif puasa hilang seketika karena kita tidak bisa menahan diri.

Misalnya saat lebaran kita balas dendam dengan konsumsi banyak hidangan berkolesterol tinggi, bersantan dan hidangan tinggi gula. Ini akan menghilangkan efek positif dari puasa yang dilakukan 1 bulan kemarin. Ini terjadi karena tubuh kaget dengan pola makan yang berubah secara cepat.

Pola konsumsi makanan yang berlebihan membuat tubuh kaget

Saat puasa porsi makanan yang dikonsumsi akan lebih terkontrol namun terbalik saat momen lebaran. Banyak orang yang memanfaatkan momen ini untuk  balas dendam. Mengonsumsi hidangan lebaran secara berlebihan. Tidak mengalkulasi asupan makanan secara baik. Hingga akhirnya tubuh mengalami penurunan kinerja akibat komposisi makanan yang tak terkontrol.

Perhatikan porsi kalori

Proses detoksifikasi saat puasa akan berjalan maksimal saat porsi kalori diatur dalam ukuran ideal. Dalam aktivitas sehari-hari setidaknya dibutuhkan 1200 – 1800 kalori tergantung dari berat badan dan tinggi badan seseorang.

Setidaknya dalam setiap menu makanan itu sudah mengandung 600 – 700 kalori. Pengetahuan kita terhadap jumlah kalori dari makanan yang dikonsumsi akan membuat kita lebih mudah menjalani detoksifikasi saat puasa.

Imbangi konsumsi makanan berkalori dengan konsumsi buah-buahan dan sayuran karena keduanya memiliki serat yang tinggi dan baik untuk kesehatan.

Kombinasikan Puasa dengan aktivitas fisik

Tubuh harus senantiasa di biasakan untuk gaya hidup sehat. Selain membatasi konsumsi kalori, kita juga bisa melakukan aktivitas fisik seperti jogging atau bersepeda. Aktivitas fisik akan membakar lemak berlebih dalam tubuh. Racun-racun yang sebelumnya terendap juga akan hilang dengan olahraga rutin.

Perlu di ingat untuk berolahraga dalam durasi yang tepat, agar tubuh mempunyai waktu istirahat yang cukup saat berpuasa.

Jadi, selain untuk detoksifikasi ada banyak manfaat penting puasa bagi kesehatan kita. Semoga bermanfaat karena berbagi itu asyik (tipsnya.com).

Tidak ada komentar untuk "Selain Untuk Detoksifikasi Inilah Manfaat Penting Puasa"