Cara Kendarai Motor di Jalan yang Menanjak

Cara Kendarai Motor di Jalan yang Menanjak

 

Cara Kendarai Motor di Jalan yang Menanjak - Untuk orang yang sudah mahir menggunakan sepeda motor. Mungkin akan lebih berpengalaman saat menghadapi kondisi jalanan yang terjal, tikungan, turunan hingga tanjakan.

Mengendarai motor memang harus menggunakan keterampilan khusus. Terutama saat menghadapi medan jalan yang menyulitkan.

Untuk melewati tanjakan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kita bisa melakukan manuver dengan aman. Untuk lebih lengkapnya silakan simak artikel Cara Kendarai Motor atau Mobil di Jalan yang Menanjak berikut ini:

 

Pakai Gigi 1

Setiap gigi pada sepeda motor memiliki Fungsinya masing-masing. Untuk keperluan melewati jalanan yang menanjak maka kita harus menggunakan gigi 1. Gigi 1 memiliki daya dorong terkuat bila dibandingkan dengan gigi di atasnya. Meskipun tidak terlalu cepat, nyatanya gigi 1 efektif untuk melewati jalanan yang menantang ini.

Ketika menghadapi tanjakan, motor lebih membutuhkan support tenaga dibandingkan kecepatan. Dengan memakai gigi 1, manuver akan lebih nyaman dan menghindarkan motor dari kerusakan.

 

Pakai Rem Depan dan Belakang

Saat menggunakan gigi 1 untuk menanjaki Medan, motor butuh dukungan rem depan dan belakang. Pasalnya Medan tanjakan berpotensi membuat motor terdorong ke belakang. Agar kejadian ini bisa dihindari maka fungsi Rem depan dan belakang bisa dimaksimalkan. Terutama saat akselerasi menaikkan kecepatan, langkah pengereman akan membuat laju motor seimbang dan menguasai risiko jatuh.

Tarik rem depan agar motor tidak terdorong mundur. Namun lakukan dengan pelan-pelan untuk menghindari kerusakan.

 

Fokus

Jangan pernah untuk menyepelekan hal ini, Jangan pernah lupa untuk selalu fokus saat menghadapi rintangan tanjakan. Lihat posisi motor pastikan dalam jarak yang aman. Apalagi bila jalan dalam kondisi macet, peluang terjadinya kecelakaan di jalan tanjakan akan meningkat.

Lihat arah depan, untuk menghindari risiko kendaraan yang ada di depan kita tergelincir ke arah kita. Juga lihatlah arah belakang dengan memakai spion untuk memastikan tidak ada kendaraan yang akan menabrak kita.

Mengendarai motor di jalanan menanjak memang membutuhkan teknik dan fokus. Kondisi jalan yang sulit bisa menimbulkan risiko kecelakaan. Namun dengan mempelajari tips ini, mudah-mudahan bisa membantu kita dalam menyelesaikan masalah ini.

 

Demikianlah beberapa tips Cara Kendarai Motor di Jalan yang Menanjak dari kami. Terima kasih telah berkunjung ke tipsnya.com.

 

 

Tidak ada komentar untuk "Cara Kendarai Motor di Jalan yang Menanjak"