5 Tanda Kanvas Kopling Perlu Diganti


5 Tanda Kanvas Kopling Perlu Diganti - Mengendarai Motor Kopling memang cocok untuk melahap jalanan touring yang menantang. Motor touring memiliki spesifikasi mumpuni untuk menghadapi medan-medan penuh adrenalin. Motor jenis ini tenagai mesin bertenaga besar dan mempunyai tarikan yang kuat sehingga disukai para biker.

Meski seperti itu, kita tetap harus memperhatikan kondisi motor kopling sebelum melakukan perjalanan. Agar keamanan dan kenyamanan berkendara bisa diwujudkan.

Berikut ini adalah tanda tanda kanvas kopling habis dan perlu diganti:

 

Penurunan performa akselerasi

Ciri pertama kanvas kopling habis bisa dirasakan saat motor berakselerasi, rasanya kurang bertenaga dan kurang menggigit. Motor kopling yang biasanya gahar akan terlihat lambat karena masalah kanvasnya yang habis.

Jika tanda-tanda seperti sudah dirasakan, segera periksa kanvas dan lakukan pergantian dengan spare part yang baru.

 

Sering Selip Saat Ganti Gigi

Ciri Selanjutnya yang jadi tanda kanvas kopling harus diganti adalah saat mengganti gigi sering terjadi selip. Kanvas kopling yang habis akan menghambat gigi untuk berpindah. Masalah ini bakal sangat terasa saat menaikkan atau menurunkan gigi. Mengembalikan motor pada posisi netral pun juga terhambat.

Alhasil perjalanan pun jadi tidak maksimal.

 

Bensin sering habis

Kanvas kopling memang akan mempengaruhi proses pembakaran bahan bakar. Bensin akan lebih cepat habis diakibatkan oleh tersendatnya akselerasi namun percepatan roda yang dihasilkan tetap sama. Walaupun pengendara tidak merasakannya. Dengan demikian bensin jadi cepat boros.

 

Motor Lebih Cepat Overheat

Masalah Kanvas kopling tidak boleh disepelekan, karena dampaknya bisa mempengaruhi keselamatan performa motor. Karena akselerasi yang tidak bertenaga membuat bensin cepat habis dan akhirnya membuat mesin cepat panas.

Jika sudah diketahui kanvas kopling sudah habis harus segera diganti agar motor bisa kembali pada performa on top.

 

Suara Motor jadi kasar

Tanda terakhir yang jadi indikator kanvas kopling habis adalah suara motor yang terdengar kasar. Suara kasar akan lebih lantang terdengar saat motor digeber Pada kecepatan tinggi. Suara kasar terjadi karena adanya gesekan antara kanvas kopling dengan flywheel.

Jika sudah seperti ini jangan tunggu lama untuk menyervis motor pada tempat-tempat yang dipercaya.

 

Itulah Sob, 5 tanda tanda kanvas kopling perlu diganti. Semoga bermanfaat dan selalu ikuti terus tipsnya.com. Wassalam......

 

 

 



 

Tidak ada komentar untuk "5 Tanda Kanvas Kopling Perlu Diganti"