4 Cara Atasi Gangguan Sulit Tidur

4 Cara Atasi Gangguan Sulit Tidur

4 Cara Atasi Gangguan Sulit Tidur - Gangguan tidur atau dalam istilah medis disebut insomnia bisa dialami oleh siapa saja tak kenal batasan usia. Gangguan ini menyebabkan seseorang sulit tidur dan berakibat pada aktivitas sehari-hari yang jadi terganggu. Kurang tidur menyebabkan stamina Berkurang dan rawan terkena sakit.

Orang-orang sering menyepelekan insomnia karena tidak dianggap bahaya. Padahal gangguan kesehatan ini segera harus di tangani agar tak menimbulkan penyakit yang lebih serius lagi.

Berikut ini adalah cara mengatasi insomnia dengan cara yang aman:

 

Tidur dengan lampu padam

Saat gangguan tidur menyerang, kita seperti sulit memejamkan mata dan timbul gelisah. Sebisa mungkin untuk berpikir tenang. Jika lampu masih menyala cobalah untuk dimatikan. Ini akan membuat pikiran kita lebih enjoy dan memicu rasa kantuk. Tidurlah dengan posisi senyaman mungkin, agar tubuh tidak nyeri.

Sebelum tidur, jauhkan alat-alat elektronik seperti handphone dan televisi dari kasur, karena gelombang elektromagnetik yang ada di dalamnya mempengaruhi fungsi otak. Mendengarkan suara statis dari angin atau air hujan juga dapat membuat kita cepat tidur. Suara statis merupakan rangsangan ampuh untuk menimbulkan kantuk.

 

Jangan Terlalu sering melihat jam

Sering melihat bisa membuat kita gelisah karena tak kunjung bisa tertidur. Apalagi kalau keesokan harinya ada kegiatan yang mengharuskan bangun pagi, biasanya rasa gelisah itu semakin kuat.

Proses tidur bisa terjadi saat kita melepaskan segala pikiran, atur nafas agar lebih rileks. Sering mengecek jam hanya akan insomnia semakin menjadi.

 

Rajin Berolahraga

Tips ketiga adalah rajin berolahraga untuk mendapatkan waktu tidur yang lebih berkualitas. Insomnia bisa terjadi karena metabolisme tubuh terganggu. Seperti sirkulasi darah yang kurang lancar yang nantinya membuat kinerja organ vital tubuh jadi bermasalah. Dengan olahraga kita kembali mengoptimalkan tubuh untuk mencapai performa terbaiknya. Jantung bisa menyebarkan nutrisi secara maksimal, aliran darah juga lancar.

Olahraga seperti lompat tali, yoga dan lari bisa dibiasakan karena akan memperbaiki kualitas tidur, kita akan terhindar dari insomnia. Olahraga juga merupakan cara sehat yang dianjurkan oleh ahli medis.

 

Kurangi Hobi begadang

Masalah insomnia akan lebih sering dialami orang yang hobi begadang. Apa pun alasannya, begadang bukanlah kebiasaan baik untuk kesehatan. Mungkin awalnya begadang karena faktor yang tidak disengaja seperti baru pulang kerja dan lain sebagainya kemudian jadi kebiasaan yang terus dilakukan.

Insomnia erat hubungannya dengan hobi begadang ini. Nantinya bukan saja masalah tidur saja yang dialami, masalah fisik lain juga bisa terjadi karena tubuh kehilangan waktu ideal untuk istirahat.

Waktu tidur terbaik bagi manusia itu jam 9 malam hingga jam 5 pagi. Dengan kebiasaan tidur yang ideal tentu insomnia bisa dihindarkan, waktu tidur kita tidak rusak karena kebiasaan begadang.

 

Nah, itu tadi 4 Tips Cara Atasi Gangguan Sulit Tidur dari tipsnya.com. Semoga bermanfaat dan sehat selalu......

 


 

Tidak ada komentar untuk "4 Cara Atasi Gangguan Sulit Tidur"