Tips Agar Belajar di Rumah Tetap Efektif



Virus corona menyebar dengan cepat di beberapa wilayah, termasuk Indonesia. Jumlah pasien yang terinfeksi COVID-19 juga meningkat. Alhasil, pemerintah dengan sigap mengumumkan kebijakan untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Salah satunya karena penutupan sekolah selama dua minggu. Akibatnya, proses belajar mengajar harus dilakukan secara online  dan jarak jauh .

Bagi sebagian orang tua, mereka harus bingung bagaimana caranya agar anaknya tetap disiplin selama belajar di rumah. Jangan khawatir, JD.ID teman . Berikut adalah beberapa tips yang perlu diingat untuk menjaga agar proses pembelajaran jarak jauh tetap efektif.

Mengatur jadwal kegiatan



Berada di rumah saat tidak sekolah bukan berarti anak bisa bermalas-malasan. Berhati-hatilah untuk terus belajar dari anak-anak Anda agar mereka tidak tertinggal oleh teman-temannya. Anda bisa memulainya dengan menjadwalkan aktivitas anak Anda dari bangun tidur hingga tertidur. Tentukan kapan anak Anda bisa bermain dan kapan mereka harus belajar dan bekerja. Ingatlah untuk memberitahu anak Anda untuk dilatih mengikuti jadwal.

Tempat belajar yang nyaman



Untuk lebih mengoptimalkan proses belajar, Anda perlu memperhatikan ruang belajar di rumah agar lingkungan belajar anak Anda nyaman. Area tenang khusus dapat diatur agar anak Anda dapat belajar dengan nyaman.

Karena tempat yang bising menghambat konsentrasi anak. Selain itu, pastikan ruangan berventilasi baik agar sirkulasi udara tetap lancar. Area yang cukup terang membantu anak-anak lebih fokus pada pembelajaran mereka.

Dukungan orang tua



Sebagai orang tua, tentunya Anda akan menjadi guru pengganti bagi anak-anak yang belajar dari rumah. Pastikan anak Anda terus menerima materi yang mereka butuhkan di sekolah. Bantu anak-anak memahami pelajaran sambil mengerjakan pekerjaan rumah mereka. Dengan dukungan dari orang tua yang terlibat dalam proses pembelajaran ketika belajar dari rumah, #At  Depan membantu anak-anak untuk menjadi lebih termotivasi dan bersemangat untuk belajar .

Belajarlah untuk bersenang-senang



Anak-anak bisa bosan saat belajar. Untuk melakukan ini, beri anak Anda waktu untuk beristirahat agar mereka tidak bosan. Anda dapat melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti bermain dengan mereka atau menonton film. Kegiatan ini dapat bermanfaat karena anak dapat menyelesaikan tugas dengan baik.

Berbicara kepada guru



Orang tua berperan penting dalam keberhasilan belajar anak-anak mereka di rumah. Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan guru Anda. Tanyakan materi apa yang harus dipelajari anak Anda untuk pekerjaan yang harus mereka lakukan. Tidak hanya itu, ia menyampaikan perkembangan semua anak selama belajar di rumah.

Dengan memperhatikan hal ini, teman-teman JD.ID akan merasa senang, mudah, dan tentunya efektif untuk belajar di rumah.

Nah, Anda dan anak hanya di rumah saja, tapi jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan kesehatan Anda dan keluarga, ya. Batasi perjalanan Anda dan jalani kehidupan sehari-hari, seperti berbelanja dari rumah. Anda dapat menemukan kebutuhan sehari-hari di JD.ID  #At HomeSaja dan menunggu mereka untuk tiba di depan rumah Anda .

Tidak ada komentar untuk "Tips Agar Belajar di Rumah Tetap Efektif"