Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Mengatasinya



Kondisi hidung yang tersumbat tentu saja membuat Anda merasa tidak nyaman dalam beraktivitas. Ada banyak penyebab hidung tersumbat. Hidung tersumbat bisa terjadi ketika  jaringan di dalam hidung  terganggu . Dapat menyebabkan gangguan karena polusi udara, iritasi pernapasan , atau dari asap  kendaraan  atau paparan  asap rokok. Penyebab lainnya  adalah alergi, sinusitis dan, misalnya,hidung tersumbat , infeksi seperti ISPA dan influenza .

Ketika Anda memiliki alergi atau menghirup udara yang tercemar, selaput yang mengelilingi saluran hidung Anda menjadi meradang. Kemudian hidung menghasilkan lendir untuk mengeluarkan segala sesuatu yang mengganggu. Ini adalah lendir yang melindungi terhadap hidung tersumbat.

Seperti disebutkan di atas, penyebab hidung tersumbat berbeda. Berikut penjelasan lebih detailnya:

Dingin dan batuk


 Gejala  batuk  dan  pilek cepat  atau lambat  saluran pernapasan bagian atas, hidung dan tenggorokan dalam kotoran, infeksi atau peradangan yang disebabkan oleh benda asing. Anda mungkin mengalami hidung tersumbat saat pilek. Pilek biasanya hilang dengan sendirinya dalam 7-10 hari.

Flu


Influenza  atau virus influenza disebabkan oleh serangan pada sistem pernapasan seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Kondisi ini juga memungkinkan terjadinya hidung tersumbat. Sebenarnya flu bisa sembuh dengan sendirinya, tapi jika memang terjadi komplikasi, komplikasi ini bisa berbahaya.

Sinusitis akut


Sinusitis akut   biasanya berkembang karena batuk pilek. Kondisi ini sebenarnya bisa sembuh dengan sendirinya dalam 10 hari. Namun, ketika sinusitis terjadi, jaringan di dalam hidung menjadi meradang dan bengkak, serta rongga hidung menyempit. Produksi sputum juga dapat meningkat. Ini menyebabkan hidung tersumbat.

Alergi


Tubuh akan bereaksi ketika penderita alergi terkena zat (alergen) penyebab alergi. Berbagai peristiwa dapat terjadi sebagai akibat dari reaksi alergi. Pada  rinitis alergi  , ada kekhawatiran pada sistem pernapasan, yang dapat meningkatkan produksi lendir di rongga hidung, menyebabkan reaksi bersin atau berair. Dalam hal ini, ada kemungkinan hidung tersumbat.

Cara mengatasi hidung tersumbat


Ada berbagai cara untuk mengobati hidung tersumbat. Beberapa jenis obat ini dapat digunakan untuk meredakan gejala hidung tersumbat:

Dapatkan obat penghilang rasa sakit

Obat - obatan yang  mengandung parasetamol  atau  ibuprofen  dapat membantu meringankan rasa sakit akibat hidung tersumbat.

Antihistaminiklr


Antihistamin  adalah obat yang membantu meredakan alergi dan mengurangi hidung tersumbat.

Dekongestan


Keistimewaan zat ini adalah membantu mengurangi pembengkakan pada hidung akibat kondisi yang menyebabkan hidung tersumbat. Selain itu,  dekonjestanlar  mulut atau mulut  diangkat  dan  hidung,  mulut, hidung, ditaburi obat-obatan, efek semprotan hidung bekerja lebih cepat daripada obat yang diminum langsung bisa dirasakan.

Selain kondisi di atas, hidung tersumbat juga  dapat disebabkan   oleh obstruksi fisik hidung, seperti  rinitis vasomotor  dan polip hidung,  deviasi septum .

Hidung tersumbat diobati dengan  semprotan hidung dan semprotan hidung 

Semprotan  hidung atau nasal spray adalah metode memerangi hidung tersumbat dengan semprotan hidung. Cara ini dilakukan untuk melembapkan bagian dalam hidung agar lendirnya lebih encer. Selain itu, hidung akan terasa lebih nyaman.
Cairan yang digunakan untuk menyemprot hidung bisa berupa larutan garam. Meskipun telah terbukti dapat digunakan untuk meredakan hidung tersumbat, namun disarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan larutan ini untuk obat semprot hidung. Ini berlaku untuk dosis yang benar dan aman.

Dekongestan hidung : oxymetazoline. Komposisi obat ini berfungsi untuk mengurangi pelebaran pembuluh darah di hidung, sehingga mengurangi hidung tersumbat.

Cara menggunakan  sebuah  hidung pembersih  yang mengandung  oxymetazoline adalah sangat mudah dan efeknya lebih cepat dari obat-obatan oral. Tutup lubang hidung lainnya dan semprotkan ke satu lubang hidung. Jaga agar kepala Anda tetap tegak. Semprotkan saat bernafas. Pastikan cairan tidak masuk ke mata. Lakukan ini di lubang hidung yang lain. Setelah itu, bersihkan ujung botol semprot dengan air hangat, lalu keringkan. Simpan di tempat yang kering dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Jangan terlalu sering digunakan. Dianjurkan untuk menggunakan dua kali sehari, setiap 10-12 jam. Perhatikan juga masa pakainya. Obat ini tidak boleh digunakan terus menerus selama lebih dari tiga hari.

Selain obat-obatan di atas,   ada beberapa cara yang bisa dilakukan  untuk meredakan hidung tersumbat :

  • Minum lebih banyak cairan akan mengurangi kekentalan lendir di hidung.
  • Menghirup uap air panas.
  • Mandi menggunakan air panas.
  • Cuci muka dengan handuk hangat.
  • Hindari berenang di kolam yang mengandung klorin.
Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengurangi gejala hidung tersumbat. Tetapi jika Anda menginginkan cara untuk meredakan gejala dengan cepat dan membantu Anda tidur lebih nyenyak, pembersih hidung mungkin bisa menjadi pilihan Anda. Perhatikan petunjuk penggunaan dan dosis, konsultasikan ke dokter jika keluhan berlanjut

Tidak ada komentar untuk "Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Mengatasinya"