5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi



Ada beberapa cara untuk meningkatkan ketahanan di tengah pandemi. Agar daya tahan tubuh Anda kuat untuk melawan kuman penyebab penyakit, termasuk virus Corona, semua cara tersebut harus dilakukan secara konsisten dan tidak bisa hanya mengandalkan satu cara saja.

Keadaan  pandemi COVID-19 telah membuat  banyak orang stres, ketakutan ,   dan terlalu khawatir. Hati-hati. Hal ini dapat mempengaruhi kekebalan tubuh dan membuat tubuh rentan terhadap penyakit.

5 cara ampuh meningkatkan daya tahan tubuh saat pandemi




Selain itu, dengan perkembangan virus Corona,  terus bermutasi dan  menciptakan  varian baru seperti Alpha, Beta, Gamma,  Delta  ,  Lambda  dan Kappa  varian  . Beberapa varian ini lebih menular dan dapat menyebabkan gejala yang lebih parah.


Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk waspada. Selain menetapkan protokol kesehatan, Anda juga perlu meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah infeksi virus Corona.

Berbagai cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh
Berikut beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh terutama di masa pandemi COVID-19:

1. Lakukan latihan fisik

Berolahraga 30 menit sehari atau setidaknya 3-5 kali seminggu meningkatkan respons kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Pilih olahraga yang sesuai dengan kemampuan Anda dan mudahkan saat pandemi, seperti jalan kaki,  jogging,  atau bersepeda.

Jika ingin menghindari keramaian, Anda juga bisa melakukan latihan fisik di rumah, seperti  melakukan aerobik  , yoga atau  peregangan.

2. Makan makanan bergizi

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh Anda kuat, Anda perlu makan makanan bergizi seimbang. Namun, prioritaskan makanan yang  tinggi  protein  , vitamin, mineral dan antioksidan  .

Berbagai makanan sehat yang bisa Anda pilih antara lain buah-buahan, sayuran, ikan, telur, susu, biji-bijian, dan kacang-kacangan seperti buncis, edamame, dan kedelai. Makanan lain seperti  seafood  , keju dan  yogurt  juga baik untuk memperkuat daya tahan tubuh untuk dikonsumsi.

3. Ambil matahari

Cara meningkatkan daya tahan tubuh selanjutnya   adalah dengan  berjemur . Menurut hasil penelitian, sinar matahari dapat menyebabkan produksi vitamin D, yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Oleh karena itu, berjemurlah minimal 3 kali seminggu selama 10-15 menit, terutama antara pukul 09.00 dan 10.00.

4. Istirahat yang cukup

Kualitas tidur erat kaitannya dengan daya tahan tubuh. Tidur yang baik dan benar dapat menjaga atau memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sebaliknya, kurang tidur dapat mempengaruhi tubuh dalam menghadapi penyakit.

Oleh karena itu, pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup sesuai dengan usia Anda. Orang dewasa membutuhkan sekitar 7-9 jam tidur sehari, remaja membutuhkan sekitar 8-10 jam tidur sehari.

5. Minum suplemen

Asupan nutrisi yang tepat membutuhkan kerja sistem kekebalan tubuh agar lebih kuat melawan kuman. Namun, jika nutrisi makanan tidak cukup, Anda harus mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan kekebalan tubuh, terutama yang mengandung vitamin C  , vitamin D,  dan  Echinacea.

Studi menunjukkan   bahwa senyawa polisakarida dan glikoprotein di  Echinacea adalah mampu  untuk  meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

Bagaimana memilih aksesoris untuk meningkatkan daya tahan
Ada banyak produk pelengkap di pasaran. Jangan memilih sendiri, oke? Untuk memaksimalkannya, pastikan Anda memilih aksesori yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda berpikir untuk mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan sistem kekebalan Anda, perhatikan bahan-bahannya. Berikut ini adalah beberapa suplemen daya tahan tubuh yang baik:

Vitamin C

Vitamin C  dikenal sebagai salah satu nutrisi terbaik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Berkat efek antioksidannya, vitamin C   dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada sel-sel tubuh  dan meningkatkan kinerja sel darah putih untuk melindungi tubuh dari infeksi.

Salah satu jenis suplemen vitamin C yang dapat Anda pilih untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh adalah suplemen yang dilengkapi dengan ekstrak biji anggur.

Ekinazea

Suplemen yang mengandung  echinacea juga baik untuk kesehatan. Selain mampu meningkatkan daya tahan tubuh, ramuan ini juga memiliki efek antioksidan, anti inflamasi dan anti virus.

Untuk hasil terbaik,   Anda dapat memilih seng  -  dilapisi Echinacea suplemen  . Beberapa produk juga mengandung ekstrak buah mengkudu yang   dapat membantu dengan manfaat  Echinacea  dan  zinc .

Spirulina

Spirulina adalah  suplemen herbal, seringkali  makanan super disebut sebagai  . Spirulina terjadi karena mengandung nutrisi utuh seperti protein, vitamin, mineral dan antioksidan.

Berkat kandungan nutrisinya yang tinggi, tak heran jika teh hijau biru ini banyak digunakan sebagai suplemen penambah kekebalan tubuh.

Sistem kekebalan tubuh selalu penting untuk dijaga. Namun, situasi yang melemahkan sistem kekebalan terkadang dihindari, terutama pada  orang dengan penyakit penyerta  .

Perlu diingat jika Anda memiliki tanda-tanda penurunan kekebalan, seperti sering demam, mudah sakit, atau membutuhkan lebih banyak waktu untuk sembuh saat sakit. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter agar penyebabnya dapat diketahui dan segera ditangani.

Dengan memahami kondisi tubuh Anda dan menerapkan cara meningkatkan daya tahan tubuh yang dijelaskan di atas, Anda dapat mencegah berbagai penyakit. Jangan lupa patuhi  protokol kesehatan pandemi  dan dapatkan  vaksin COVID-19  .

Jika Anda masih memiliki pertanyaan tentang cara meningkatkan sistem kekebalan Anda, Anda tidak dapat  mengobrol  langsung dengan aplikasi ALODOKTER dokter Anda. Dalam aplikasi ini  ,  Anda juga dapat membuat janji dengan  dokter rumah sakit  jika Anda memerlukan pemeriksaan pendahuluan.

Tidak ada komentar untuk "5 Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi"