Rumus Right-Len-Find-Substitute untuk Mencari Kata di Excel

Fungsi rumus teks untuk mengolah kata di Ms. Excel diantaranya adalah rumus yang akan dibahas pada posting kali ini. Rumus ini biasanya digunakan untuk mencari sebuah kata dengan menggunakan beberapa fungsi penggabungan rumus teks yaitu menggunakan rumus RIGHT, LEN, FIND, SUBSTITUTE.

Rumus untuk mencari kata terkahir pada sebuah cell di Ms. Excel menggunakan penggabungan beberapa rumus excel. Rumus yang digunakan terdiri dari 4 buah rumus antara lain :

Right

Len

Find

Substitute


Caranya sebagai berikut :
  1. Tulis nama lengkap di cell B2 dan nama terakhir di cell C2
  2. Kemudian tulis pula beberapa contoh nama lengkap seperti gambar berikut
  3. Pada cell C2 Anda tuliskan rumus  =RIGHT(B3,LEN(B3)-FIND("#",SUBSTITUTE(B3," ","#",LEN(B3)-LEN(SUBSTITUTE(B3," ","")))))

  4. Jika selesai tekan enter kemudian copykan rumus tersebut sampai di cell C5 dan silakan lihat hasilnya akan tampak seperti gambar berikut 


    Coba Anda perhatikan hasilnya, nama Ahmad Rustandi Subagyo memiliki nama trakhir Subagyo ini merupakan hasil dari rumus yang Anda tuliskan diatas. Cukup mudah bukan? semoga Anda bisa mengerjakan dan menyelesaikan masalah excel yang lebih rumit lagi dengan melihat contoh penggabungan rumus diatas.

    Untuk lebih memudahkan dalam belajar excel silakan download contoh dari rumus right, len, find, dan substitute berupa file excel.



    Demikian tutorial excel kali ini semoga bisa membantu.

Tidak ada komentar untuk "Rumus Right-Len-Find-Substitute untuk Mencari Kata di Excel"