Beberapa Cara-Cara Perkembangbiakan Hewan



Ada beberapa  cara untuk mereproduksi hewan  . Namun, diketahui bahwa hanya bertelur dan melahirkan. Hal ini dikarenakan memang banyak sekali jenis hewan yang bertelur dan melahirkan yang mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai cara reproduksi hewan
Secara umum, ada dua cara untuk mereproduksi hewan. Cara perkembangbiakannya secara generatif dan vegetatif.


Reproduksi generatif

Reproduksi seksual, juga dikenal sebagai reproduksi seksual, terjadi ketika sel kelamin pria dan wanita bertemu. Reproduksi ini dibagi menjadi tiga jenis yaitu ovipar, vivipar dan ovovivipar.


Bertelur atau bertelur

Merupakan cara perkembangbiakan hewan yang umumnya dilakukan oleh reptil dan burung. Setelah pembuahan terjadi, embrio yang dihasilkan akan berkembang dan tumbuh di dalam cangkang telur. Embrio mendapatkan makanan dan cadangan nutrisi dari telur. Ciri-ciri hewan bertelur seperti tidak memiliki kelenjar susu dan tidak memiliki telinga Contoh hewan tersebut adalah bebek, ayam dan angsa.

vivipar atau melahirkan

Apakah  yang  reproduksi  hewan  dilakukan dengan melahirkan. Setelah pembuahan terjadi, embrio akan berkembang dan tumbuh di dalam rahim wanita. Di dalam rahim, embrio mendapat nutrisi dan makanan yang dimakan ibu melalui plasenta. Ciri-ciri hewan vivipar seperti memiliki kelenjar susu dan daun telinga, tubuhnya dilindungi oleh bulu. Contoh hewan seperti anjing, kucing, sapi dan singa.

Pasangan Ovovivi atau bertelur dan melahirkan

Metode pemuliaan ini merupakan kombinasi dari dua metode di atas. Saat pembuahan terjadi, embrio akan berkembang dan tumbuh di dalam cangkang telur. Namun sel telur tidak dikeluarkan dari tubuh ibu. Setelah menetas, anak masa depan lahir melalui tubuh ibu. Jumlah hewan yang cara perkembangbiakannya secara ovovivipar tidak terlalu banyak, beberapa contohnya adalah kuda laut, platipus, berbagai jenis hiu dan iguana.

Reproduksi Vegetatif

Perkembangan vegetatif atau aseksual ini hanya terjadi pada hewan tingkat rendah yang memiliki struktur tubuh tidak sempurna, tidak memiliki tulang belakang, dan memiliki struktur anatomi yang lebih sederhana dibandingkan hewan berduri. Ada tiga cara perkembangbiakan vegetatif hewan, seperti: Tunas

Hewan memiliki tunas kecil di tubuh mereka untuk berkembang biak. Jika sudah dewasa, tunas akan terpisah dari induknya dan kemudian membentuk individu baru. Contoh hewan seperti coelenterata, spons dan hydra.

fragmentasi

Adalah  cara berkembang biak hewan  dengan memotong atau memotong bagian tubuh menjadi dua. Kemudian kedua bagian tersebut akan membentuk individu baru. Contoh hewan seperti cacing pita dan cacing pipih.


Pisahkan dirimu sendiri

Reproduksi hewan dilakukan oleh hewan uniseluler, seperti amuba. Pada pembelahan, inti sel membelah menjadi dua, diikuti dengan pembelahan cairan dan dinding sel, kemudian menjadi individu baru. Bedanya dengan fragmentasi adalah induk yang membelah menjadi dua seketika menjadi individu yang utuh.

Itulah berbagai  cara  reproduksi hewan di luar   sana yang harus Anda ketahui. Cukup banyak, kan? Jadi tidak hanya bertelur dan melahirkan, tapi masih banyak lagi. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Beberapa Cara-Cara Perkembangbiakan Hewan"